Orangtua Terlalu Protektif Malah Bikin Anak Tak Percaya Diri

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  14 Maret 2019 08:09

Anak juga butuh gagal, jatuh dan kecewa yang bakal memberinya pengalaman dan pelajaran berharga

Reporter :

Dream - Semua orangtua pasti berharap anaknya selalu dalam keadaan baik. Hal ini membuat kita cenderung selalu melindungi dan itu sangat wajar. Tapi pastikan, perlindungan yang kita lakukan tidak berlebihan.

Anak juga butuh gagal, jatuh dan kecewa yang bakal memberinya pengalaman dan pelajaran berharga. Bagi para orangtua hindari selalu melindungi anak secara berlebihan. Kebiasaan ini sangat berbahaya.

" Bisa membuat anak yang tidak punya rasa percaya diri, sehingga takut melakukan sesuatu. Sampai bicara pun dia akan mikir," kata Alinda Rubiati, dokter spesialis anak dari Kemang Medical Care (KMC) beberapa waktu lalu seperti dikutip dari Liputan6.com.

Jangan terlalu sering melarang anak. Lebih baik tawarkan cara lain yang bisa dipilihnya. Jika anak melakukan kesalahan, tanyakan padanya apa yang ia bisa pelajari.
Jalin komunikasi yang baik antara ibu dan ayah.

Sebagai contoh, jika takut si Kecil diam-diam bermain api, orangtua bisa sedikit bersandiwara untuk memberitahu dampak dari kegiatan berbahaya tersebut.

" (Ibu pura-puranya berkata kepada ayah) si itu kemarin api, jadinya luka karena terbakar. Sudah, cukup, tidak usah panjang-panjang," kata Alinda.

Analisis anak menganalisis risiko juga perlu diasah. Hal ini akan terhambat jika orangtua terlalu melindungi. Memperingatkan boleh tapi usahakan jangan sampai menghambat rasa ingin tahunya.

Laporan: Aditya Eka Prawira/ Liputan6.com

Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lika-liku Perjalanan Cinta Roger Danuarta dan Cut Meyriska
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :