Nadiem Makarim Bagikan Momen Ramadan Favorit Bareng Keluarga

Ibu Dan Anak | Rabu, 5 Mei 2021 12:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Menurutnya momen ini adalah sebuah berkah yang melimpah.

Dream - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim, kerap mengungkap kalau dirinya selalu meluangkan waktu di tengah kesibukan demi bisa bermain anak-anaknya yang masih balita. Menurutnya, momen bersama anak tak bisa diulang dan ia berusaha keras untuk mencuri waktu agar bisa bersama ketiga buah hatinya.

Terutama saat Ramadan seperti sekarang. Salah satu pendiri Gojek itu lewat akun Instagramnya membagikan momen manis bersama buah hatinya saat di meja makan. Sebuah foto yang menampilkan anaknya yang sedang menyuapi dirinya.

 Nadiem Makarim© Instagram Nadiem Makarim

" Salah satu momen paling membahagiakan saat Ramadan bagi saya adalah ketika berbuka puasa dengan keluarga. Ramadan itu spesial, karena selain mendapat berkah yang melimpah, semakin banyak momen kebersamaan yang hangat bersama keluarg," tulis Nadiem.

Tampak wajah semringah sang menteri melihat wajah sang putri. Kehangatan buka puasa bersama keluarga memang selalu istimewa. Terutama bersama anak-anak yang selalu ceria. Manfaatkan momen hari terakhir Ramadan untuk menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak-anak, terutama beribadah.

Nadiem Makarim Bagikan Momen Ramadan Favorit Bareng Keluarga
Nadiem Makarim/ Instagram Nadiem Makarim
2 dari 5 halaman

Wah, Nadiem Makarim Tiap Hari Keloni Anak Lalu Balik Kerja

Dream - Kesibukan Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan, sangat menguras waktunya. Ia juga terkadang masih mengurus bisnisnya di Gojek. Hal tersebut tak lantas membuat ayah dari seorang putri ini, kehilangan waktu untuk bersama buah hatinya.

Rupanya Nadiem punya siasat khusus agar bisa dekat dengan Solara, putri pertamanya yang masih berusia balita. Setiap hari, ia pulang dari kantor pukul 18.30 WIB, walaupun pekerjaannya masih menumpuk.

Nadiem pulang lalu bermain dengan Solara hingga sang putri tertidur. Setelah itu, Nadiem kembali bekerja hingga pukul 01.00 hingga 02.00 WIB dini hari.

" Saya mencoba disiplin, setiap hari main sama anak. Anak kan tidurnya sekitar jam delapan. Jadi balik tuh jam enam tiga puluh, jam tujuh, nidurin anak, abis itu kerja lagi," ungkap Nadiem dalam Youtube channel Deddy Corbuzier.

 

3 dari 5 halaman

Nadiem Merasa Itu Kewajiban

Bagi Nadiem itu adalah sebuah keharusan. Sebagai seorang kepala keluarga dan ayah, tugas utamanya adalah menjaga keluarganya, terutama mendampingi perkembangan dan pertumbuhan anaknya.

" Tugas utama saya itu keluarga dulu. Tanpa itu kayaknya mau bantuin anak-anak seluruh negara, tapi masa anak sendiri gak diurus," ungkapnya.

Menurut istri dari Franka Franklin ini, ritual anak dan orangtua sangat penting. Hal tersebut membuat anak merasa aman, tenang dan dicintai.

 

 

4 dari 5 halaman

Tonton Cerita Nadiem Soal Ritual dengan Putrinya

Untuk para ayah, mungkin trik Nadiem untuk menghabiskan waktu dengan anak ini bisa ditiru.

 

5 dari 5 halaman

Nadiem Makarim Gelar Tedhak Siten untuk Putrinya Secara Privat

Dream - Bagi masyarakat Jawa, ada ritual yang kerap dilakukan dalam siklus hidup buah hati, yaitu Tedhak Siten. Ritual ini dilakukan saat pertama kali seorang anak belajar menginjakkan kaki ke tanah.

Rupanya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, termasuk orang yang masih menjunjung tinggi budaya Jawa. Beberapa hari lalu ia menggelar prosesi Tedhak Siten untuk putri bungsunya.

Acara tersebut digelar secara privat. Hanya dihadiri oleh keluarga inti dan para sesepuh. Pandemi tak menghambat sang Menteri untuk tetap melakukan Tedhak Siten, hal ini tentu sebagai ucapan rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta karena putri kecilnya tumbuh dengan sehat dan mulai belajar berjalan.

 Tedhak Siten putri Nadiem Makarim© Instagram Nadiem Makarim

" Tedhak Siten kali ini sedikit berbeda karena dihadiri keluarga inti dan eyang saja, dan persiapan semua dikerjakan sendiri. Tapi jadi lebih intim malah rasanya. Semoga anak kami senantiasa diberikan kekuatan dan bekal kebahagiaan di dalam hidupnya," tulis Nadiem di akun Instagramnya.

Tedhak berarti menginjak, dan Siten artinya tanah. Ritual ini biasanya dilakukan para orangtua keturunan Jawa saat buah hatinya berusia sekitar tujuh atau delapan bulan. Makna dari Tedhak Siten adalah penghormatan terhadap bumi/ tanah yang memberi banyak hal dalam kehidupan manusia, juga mendoakan anak untuk siap menjalani kehidupan di masa depannya.

Sahabat Dream juga menggelar Tedhak Siten untuk si kecil?

 

Join Dream.co.id