Menulis Efektif Stimulasi Motorik Anak, Lakukan Rutin Saat di Rumah

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  22 Oktober 2020 10:04

Banyak indra diaktifkan dengan menekan pensil atau pulpen di atas kertas.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Belajar secara online membuat para siswa jadi lebih banyak menggunakan teknologi. Memanfaatkan aplikasi, ponsel, laptop atau tablet. Aktivitas menulis di kertas pun menurun drastis.

Bagi anak-anak usia dini atau yang masih duduk di sekolah dasar, aktivitas menulis ini sangat penting. Menulis dengan tangan di atas buku tulis akan menciptakan lebih banyak aktivitas di bagian sensorimotor.

Banyak indra diaktifkan dengan menekan pensil atau pulpen di atas kertas, melihat huruf yang ditulis, dan mendengar suara yang dibuat saat menulis. Pengalaman indera ini menciptakan kontak antara berbagai bagian otak dan membuka otak untuk belajar sehingga dapat mengingat lebih baik.

" Menulis merupakan medium yang sangat efektif untuk membantu mengekspresikan pelajaran yang telah dipaparkan, melatih kreativitas anak, meningkat kemampuan motorik halus dan tentunya juga mempermudah tuntutan sekolah selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk lebih memahami pelajaran dengan baik," kata Marcelina Melisa, M.Psi, seorang psikolog dalam rilis yang diterima Dream.co.id.

 

Selanjutnya : Kemampuan Analisa
BERANI BERUBAH: Peti Mati Menyentuh Hati
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Peti Mati Menyentuh Hati
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :