Menguak Efek Positif Aturan Seragam Sekolah

Ibu Dan Anak | Kamis, 25 Oktober 2018 08:11
Menguak Efek Positif Aturan Seragam Sekolah

Reporter : Mutia Nugraheni

Saat anak mulai kritis dan menanyakan kenapa ia harus menggunakan seragam, pastikan Anda tahu jawabannya.

Dream - Aturan seragam di sekolah jadi hal yang wajib ditaati. Penyeragaman pakaian ini sebenarnya mengajarkan banyak hal pada anak. Bukan hanya sekedar menjadi ciri khas sekolah tapi juga berdampak pada psikologis.

Kebijakan sekolah soal seragam ini memang tak selalu sama. Bahkan ada juga sekolah yang tak menerapkan adanya seragam. Saat anak mulai kritis dan menanyakan kenapa ia harus menggunakan seragam, pastikan Anda tahu jawabannya.

" Banyak orangtua yang tak tahu kalau seragam sekolah membawa dampak positif bagi perkembangan anak. Hal pertama adalah mengajarkan anak untuk berpenampilan rapi dan bersih. Seragam mengajarkan anak untuk berpenampilan layak saat berada di luar rumah," ujar Michelle Kouzmine, seorang pakar pendidikan, dikutip dari Verywell.

Seragam juga mempermudah anak dan orangtua dalam rutinitas pagi hari. Tak perlu dipusingkan lagi memilih pakaian yang layak dan nyaman untuk dipakai ke sekolah. Semua pakaian sudah ditentukan sesuai dengan aktivitas anak.

" Efisiensi waktu jadi efek positif dari adanya seragam. Anak pun jadi mengingat aturan dan mengikutinya," kata Michelle.

Hal yang tak kalah penting adalah menekan kesenjangan sosial di sekolah. Tak heran, aturan soal seragam ini bukan hanya pada pakaian saja, tapi hingga sepatu dan tas yang disamakan.

" Anak-anak sangat sensitif terhadap hal yang berbeda dengan dirinya. Rasa iri dan kesenjangan cenderung muncul jika tak ada aturan seragam. Tak heran kalau aturan soal seragam ini terus dipertahankan di banyak sekolah meskipun banyak juga yang mulai tak menerapkannya," ungkap Michelle.

 

Join Dream.co.id