Mau Tahu Cara Orangtua Jepang Disiplinkan Buah Hatinya?

Keluarga Jepang/ Shutterstock
IBU DAN ANAK  |  22 Februari 2021 14:03

Keluarga jadi dasar utama membentuk kedisiplinan anak-anak di Jepang.

Reporter : Mutia Nugraheni

Tak Permalukan Anak

Anak dibiarkan dulu tenang, dan orangtua tak berusaha keras untuk ikut campur. Hal lain yang selalu diterapkan adalah seni Shitsuke (disiplin). Orangtua tetap mendisiplinkan anak, menegur tapi mencari ruang privat dan bukan di depan publik karena anak akan malu.

"Di lain hari, kereta yang sibuk, dan kali ini ada anak lain yang mengamuk untuk pulang. Sang ayah dengan cepat menarik seluruh keluarganya dari gerbong kereta dan ketika pintu ditutup dan kereta melaju pergi, saya melihatnya berjongkok di peron. Orangtua jongkok sampai mensejajarkan tinggi dengan anak dan menunggu anaknya tenang untuk berbicara, sambil menemani dan memastikan anak aman," ungkap Lewis.

Tak semua orangtua bisa dan terbiasa melakukan ini karena memang dibutuhkan pengelolaan emosi dari orangtua dulu untuk menghadapi anak yang juga sedang emosi. Lewis pun bertanya pada temannya yang orang Jepang bagaimana mereka menegur anak-anaknya saat berulah.

"Saya bertanya 'bagaimana cara membentaknya?'. Dia mendemonstrasikan, menyebut nama anaknya dengan cepat dan penuh dengan peringatan. 'Ini bekerja dengan sempurna' katanya padaku," ungkap Lewis.

Selanjutnya : Konsep Pengasuhan ala Orangtua Belanda Bisa Jadi Inspirasi
Atta Halilintar Tersandung Ucapan Soal Suami
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lesti Kejora - Rizky Billar Part 2 | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 10
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :