Lewat Gambar, Orangtua Bisa Tahu Level Stres Anak Saat Pandemi

Anak menggambar/ foto: shutterstock
IBU DAN ANAK  |  5 Maret 2021 08:02

Menggambar atau melakukan kegiatan berbau seni dapat menjadi cara mendukung kesehatan mental pada anak.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Anak-anak mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka melalui seni dan permainan. Mereka terlibat dalam saluran kreatif untuk berbagi pengalaman, menghilangkan stres, dan mengatasi apa yang terjadi dalam hidupnya.

Anak-anak belum memiliki kemampuan perkembangan dan pengalaman hidup untuk memahami, mengekspresikan secara verbal, dan memproses pengalaman yang sulit, merugikan, atau traumatis.

" Menggambar atau melakukan kegiatan berbau seni dapat menjadi cara mendukung kesehatan mental pada anak. Sangat penting sekarang ini untuk menciptakan ruang pengasuhan bagi anak-anak untuk membuat karya seni," ujar Nikki Martyn, Program Head of Early Childhood Studies, University of Guelph-Humber, Kanada.

Anak yang mengalami peningkatan stres, kecemasan, ketakutan atau kurangnya penyelarasan emosional atau pemahaman melalui pengalaman dengan pengasuhnya sering mengembangkan gagasan tentang dunia yang didasarkan pada ketakutan dan kebutuhan untuk membentuk perlindungan. Anak-anak dipengaruhi oleh pengalaman usia dini sepanjang hidup mereka.

" Aktivitas seni seperti menggambar membantu anak-anak mengekspresikan perasaan dan pikiran mereka. Ini memberi mereka kesempatan untuk membayangkan kemungkinan, melihat dan membuat skenario alternatif yang dapat membuka cara baru untuk terlibat dalam hubungan dan lingkungan," kata Martyn dikutip dari Todays Parent.

 

Selanjutnya : Lakukan 3 Hal Ini
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :