Lakukan Hal Ini Jika Buah Hati Telat Bicara

Ibu Dan Anak | Kamis, 30 Maret 2017 14:03
Lakukan Hal Ini Jika Buah Hati Telat Bicara
Ajarkan Anak Berbicara Menggunakan Flash Card

Reporter : Mutia Nugraheni

Untuk membuat si kecil lebih lancar berbicara, lakukan langkah-langkah berikut di rumah.

Dream - Kemampuan berbicara anak-anak di usia balita tak bisa disamakan. Ada yang masih cadel di usia 5 tahun namun ada juga yang artikulasinya sudah jelas. Jika Anda merasa kemampuan berbicara si kecil agar kurang atau telat untuk seusianya, segera konsultasikan dengan dokter tumbuh kembang anak.

Nantinya dokter akan mengalisis secara mendalam untuk mengetahui apakah si kecil memang telat bicara (speech delay) atau tidak. Jika iya, nantinya anak akan diterapi. Terapi ini tentunya harus melibatkan seluruh anggota keluarga di rumah untuk membuat anak makin lancar dan jelas berbicara.

Untuk membuat si kecil lebih lancar berbicara, lakukan juga langkah-langkah berikut di rumah. Cara ini bisa membuatnya lebih terlatih untuk berbicara dengan jelas.

Jangan selalu nyalakan televisi
Suara televisi yang berisik bisa membuat anak kesulitan memahami atau memproduksi suara. Anak-anak sering menonton televisi, bisa cenderung malas untuk berinteraksi dengan berbicara dan pasif. Untuk itu, jangan biarkan televisi selalu menyala agar anak bisa banyak berkomunikasi dengan berbicara.

Ajarkan pengucapan kata yang jelas
Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara bahasa isyarat dan berbicara. Mengajarkan bahasa isyarat membuat anak lebih mudah memahami perkataan orang lain sehingga ia pun bisa menirunya.

Jika memang mengajarkan kosakata baru, ucapkan dengan jelas, baik artikulasi dan intonasinya. Hal ini agar anak mengerti makna tiap kata dan cara pengucapannya. Tak perlu mengeluarkan ucapan cadel, karena bisa ditiru dan membuat anak memiliki kebiasaan pengucapan yang salah.

Habiskan waktu 40 menit untuk bermain
Manfaatkan waktu antara 30 hingga 40 menit hanya untuk bermain-main dengan si kecil dengan lebih fokus. Sambil bermain, Anda bisa melatihnya mengatakan sesuatu yang berkaitan dengan permainan. Dengan bermain, anak akan lebih mudah menyerap kata-kata baru. Ia juga lebih dirangsang untuk banyak berkomunikasi.

Gunakan kartu
Jangan biarkan anak-anak pasif, manfaatkan flash card untuk mengajarkan pengucapan kata dan mengajarkan kosakata baru. Flash card ini temanya sangat beragam, bentuk dan warnanya juga sangat menarik. Bisa memancing rasa ingin tahu anak.

Letakkan sesuatu yang di luar jangkauannya
Letakkan barang kesukanannya yang letaknya di luar jangkauannya sehingga anak harus meminta pertolongan Anda. Ajarkan mereka untuk meminta tolong sehingga anak akan lebih suka berbicara ketika menginginkan sesuatu.

Jangan lupa untuk selalu memuji kerja kerasnya. Memuji anak memberikan efek pada kesuksesan mereka karena dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga dirinya.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Sumber: Your Modern Family

 

 

Join Dream.co.id