Kenali Tanda Saat Anak Jadi Korban Online Bullying

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  13 Oktober 2019 11:04

Banyak sekali anak remaja yang mengalami online bullying (perundungan online).

Reporter :

Dream - Akses internet yang kini sangat terjangkau, membuat banyak orang bisa melakukan apapun tanpa kontrol. Termasuk pada anak-anak, baik yang masih pra remaja maupun di atas 15 tahun.

Media sosial jadi salah satu hal yang kerap mereka jadikan sumber pergaulan. Salah satunya adalah Facebook. Banyak sekali anak remaja yang mengalami online bullying (perundungan online).

Perundungan tersebut sama menyakitkannya seperti kekerasan fisik. Selain mengganggu emosional anak, menghadapi online bullying bisa menjadi tantangan yang rumit bagi para orangtua.

Bukan hal yang mudah untuk mengajak anak yang menjadi korban bully di ranah siber untuk berani bercerita tentang apa yang mereka alami, karena seringkali mereka tidak ingin orang lain tahu apa yang sedang terjadi. Banyak faktor yang mendasari sikap tersebut termasuk karena anak tidak ingin orang tua mengetahui apa yang mereka lakukan di online, atau mungkin mereka takut akan kehilangan akses untuk online.

Ada kalanya anak-anak berpikir bahwa mereka bisa menyelesaikan masalah sendiri, namun menurut para ahli memendam hal tersebut bisa mengakibatkan depresi. Dalam memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Facebook mengajak para orang tua untuk lebih jeli dalam mendeteksi gejala awal online bullying.

Selanjutnya : Cara Mendeteksi
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Hampir 40 Tahun, Ini Rahasia Dibalik Wajah Glowing Dewi Sandra
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :