Kenali HELLP Sindrom pada Ibu Hamil, Ladies Wajib Tahu!

Foto: pixabay.com
IBU DAN ANAK  |  9 Juli 2019 08:35

Pada tahu HELLP Sindrom? Sindrom ini tergolong berbahaya loh bagi ibu hamil. Yuk kenali apa itu HELLP Sindron berikut ini.

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

HELLP Sindrom

HELLP Sindrom merupakan salah satu sindrom yang bisa mengancam jiwa ibu dan bayi yang dikandungnya. Sindrom ini akan menyebabkan gangguan darah dan hati yang paling utama. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa HELLP Sindrom pada umumnya akan menyerang ibu hamil pada usia kehamilan di trimester ketiga atau trimester terakhir.

HELLP merupakan singkatan dari tiga kondisi, yaitu:

  • H (Hemolisis)
    Hemolisis merupakan kondisi di mana sel darah merah mengalami kerusakan atau kehancuran. Sel darah merah sendiri memiliki manfaat sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh.
  • EL (Elevated Liver Enzymes)
    Kondisi dimana kadar enzim yang dihasilkan oleh organ hati mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan adanya gangguan pada fungsi hati.
  • LP (Low Platelets Count)
    Kondisi dimana kadar trombosit (keeping darah) mengalami penurunan atau rendah. Trombosit sendiri berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah.

Sindrom ini akan menyebabkan kerusakan pada hati yang dimana nantinya sel-sel hati akan membocorkan enzim tertentu ke dalam darah. Dengan kondisi trombosit yang rendah pula akan memperburuk kondisi pada ibu hamil. Hal ini dapat mengakibatkan pendarahan yang berlebihan dan berakibat fatal bagi ibu hamil.

Selanjutnya : Penyebab HELLP Sindrom
Streaming Riwayat Penyakit Omaswati Sebelum Meninggal Dunia
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Riwayat Penyakit Omaswati Sebelum Meninggal Dunia
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :