Kelahiran Anak Pertama Pangeran Harry Bakal Buat Sejarah Baru

Ibu Dan Anak | Rabu, 2 Januari 2019 18:17
Kelahiran Anak Pertama Pangeran Harry Bakal Buat Sejarah Baru

Reporter : Mutia Nugraheni

Keputusan Pangeran Harry menikahi Meghan Markle berdampak pada sejarah Kerajaan Inggris.

Dream - Kerajaan Inggris sedang bersiap menyambut anggota keluarga baru mereka. Istri dari Pangeran Harry, Meghan Markle, kini tengah berbadan dua. Diperkirakan, sang bayi bakal lahir di musim semi.

Tentu saja hal ini disambut dengan penuh semangat oleh keluarga kerajaan. Bukan hanya mereka akan mendapatkan anggota baru, tapi kelahiran si bayi juga bakal menorehkan sejarah baru bagi Kerajaan Inggris.

Penasaran apa saja?

1. Bayi akan memiliki kewarganegaraan ganda
Belum pernah terjadi sebelumnya, seseorang dengan kewarganegaraan Amerika Serikat menjadi keluarga kerajaan. Hal ini kemudian dilakukan oleh pasangan pangeran Harry dan Meghan Markle.

Sampai saat ini, Meghan masih menjadi warga negara Amerika Serikat. Saat sang bayi lahir, ia pun akan memiliki dua kewarganegaraan hingga usianya cukup dan akan menentukan sendiri kewarganegaraan mana yang akan diambilnya.

2 dari 4 halaman

2. Ras Campuran

Meghan Markle merupakan anak dari pasangan kulit hitam dan kulit putih. Ia kerap menyuarakan kebanggaannya sebagai wanita ras campuran yang kuat dan percaya diri.

Anak yang dikandung Meghan pun akan memiliki ras campuran. Ini adalah pertama kalinya dalam garis keturunan Kerajaan Inggris terdapat anak dengan ras campuran.

3 dari 4 halaman

3. Dapat Memilih Gelar untuk Si Bayi

Menurut aturan yang dikeluarkan oleh Raja George V pada 1917, bayi kerajaan yang baru lahir tidak akan diberikan gelar sebagai pangeran atau putri. Peraturan menyatakan bahwa hanya cucu tertua (Pangeran George) dari pewaris (Pangeran Charles) yang mendapatkan hak istimewa itu.

Tetapi sang Ratu membuat pengecualian untuk memberikannya pada sang cucu yaitu Putri Charlotte dan Pangeran Louis.

Sebaliknya, anak Pangeran Harry dan Meghan Markle akan memiliki gelar Lord atau Lady sebagai nama depan dari Mountbatten Windsor. Bisa juga tidak menaruh gelar sama sekali.

Sebagai contoh, Puteri Anne menolak gelar HRH (Her/ His Royal Highness) untuk anak-anaknya, Peter dan Zara Phillips. Hal ini lantaran ingin memberikan kehidupan yang lebih normal, sebuah opsi yang sejalan dengan komentar Pangeran Harry di masa lalu tentang tekanan untuk menjadi raja.

4 dari 4 halaman

4. Ubah Garis Tahta

Pangeran Harry saat ini berada pada urutan keenam dalam hal garis tahta Kerajaan Inggris. Setelah sang ayah, Pangeran Charles, sang kakak Pangeran William serta ketiga keponakannya Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Anak dari pangeran Harry nantinya bakal berada di urutan ketujuh dalam urutan pewaris tahta kerajaan, melewati pangeran Andrew dan putrinya.

Laporan Mega Rasmiyati/ Sumber: House Beautiful

Join Dream.co.id