Kekuatan 'Bom Cinta' untuk Anak, Hubungan Jadi Lebih Positif

Ibu Dan Anak | Jumat, 11 Juni 2021 12:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Merupakan taktik yang dimaksudkan untuk membantu menjalin hubungan yang mendalam dengan anak.

Dream - Tak semua orangtua bisa mengucapkan " cinta" dan " sayang" dengan mudah pada anak-anaknya. Tiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda. Mungkin selama ini Sahabat Dream kerap sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas harian dan merasa tak terkoneksi baik dengan anak.

Anak kerap berulah, rewel, tantrum dan selalu bersikap negatif. Jika merasa demikian, saatnya menerapkan " bom cinta" . Bom cinta adalah taktik yang dimaksudkan untuk membantu menjalin hubungan yang mendalam dengan anak dengan menawarkan perhatian penuh Anda tanpa gangguan

" Pada dasarnya, ini adalah waktu berkualitas yang ditingkatkan satu tingkat. Lebih khusus, bom cinta adalah pendekatan intervensi yang dapat digunakan ketika anakstres, menunjukkan perilaku tantrum atau ketidakpatuhan dan mengalami masa sulit," ujar Reena B. Patel LEP, BCBA, ahli parenting dan psikolog, dikutip dari PureWow.

Tujuannya, adalah bahwa melalui sejumlah waktu tertentu yang penuh kasih sayang dengan anak yang memegang kendali. Misalnya, memainkan permainan Hot Wheels favoritnya, main air seharian, atau makan makanan kesukaannya.

" Cara ini dapat mengatur ulang emosi dan perilaku anak kembali ke wilayah netral," kata Patel.

 

Kekuatan 'Bom Cinta' untuk Anak, Hubungan Jadi Lebih Positif
Ilustrasi
2 dari 8 halaman

Tanda anak membutuhkan bom cinta

Secara umum, Patel menjelaskan, bom cinta menciptakan ruang kesehatan mental untuk perhatian positif hanya untuk anak. Tidak ada gangguan lain. Bethany Cook, seorang psikolog, mengungkap beberapa kondisi ketika anak sangat membutuhkan bom cinta.

1. Jika anak telah mengalami perubahan besar, atau bahkan banyak perubahan kecil

2. Jika anak mengalami kesulitan di sekolah/dengan teman sebaya/mengelola hubungan jarak jauh

3. Jika anak tampak tidak tertarik atau Anda memperhatikan " kilauan" dari matanya

4. Jika anak kerap mengeluh tidak enak badan/menyatakan bahwa tidak ada yang peduli dengan mereka

5. Jika anak telah mencapai sesuatu yang telah mereka upayakan dengan sangat keras

 

3 dari 8 halaman

Bagaimana caranya melakukan bom cinta?

Hal yang terpenting adalah membuat anak merasa 100 persen memegang kendali, dilihat, diperhatikan, dan tentu saja, dicintai. Cook merinci bagaimana tepatnya untuk mencapai ini:

1. Mulailah dengan memberi tahu anak bahwa mereka akan segera menerima “ bom cinta”. Ini berarti disediakan waktu khusus dan perhatian hanya untuk anak

2. Selama waktu ini, beberapa aturan tidak berlaku. Seperti boleh mandi siang hari, makan es krim pagi hari dan sebagainya. Biarkan mereka bersenang-senang selama tidak membahayakan dirinya dan orang lain.

3. Minta anak untuk membuat daftar semua hal khusus yang ingin mereka lakukan dengan ayah/ibu. Bisa selama beberapa jam atau bahkan semalam atau akhir pekan khusus. Buatlah sebuah kesempatan, tidak peduli seberapa besar atau kecil.

" Bom cinta pada dasarnya adalah waktu berkualitas yang penuh perhatian dengan seorang anak yang menawarkan mereka pilihan dengan aturan dan struktur yang santai — ini bukan tentang menghujani mereka dengan hadiah atau menghabiskan uang," ujar Cook.

4 dari 8 halaman

Bahasa Cinta Anak yang Sering Tak Disadari Orangtua

Dream - Banyak orang dewasa tak bisa mengungkapkan rasa cinta secara gamblang. Seperti 'aku sayang kamu', 'aku cinta kamu' atau 'aku kangen kamu'. Hal ini karena sejak kecil mereka tak terbiasa mengungkapkan perasaannya secara lisan dan detail.

Gary Chapman, Ph.D., seorang konselor pernikahan yang jug penulis buku The 5 Love Languages menjelaskan kalau memang tiap orang memiliki cara mengungkapkan cinta secara berbeda. Termasuk juga anak-anak.

Chapman menjelaskan bahwa kita semua mengungkapkan cinta, dan mengalaminya, dengan lima cara yang sama. Antara lain melalui sentuhan fisik, hadiah, kata-kata penegasan, tindakan pelayanan, dan waktu yang berkualitas, tapi ada satu cara yang selalu dilakukan anak.

“ Orangtua harus tahu bagaimana mengkomunikasikan cinta kepada seorang anak sehingga dia benar-benar merasa dicintai," kata Chapman.

Mengapa kita harus tahu bahasa cinta anak? Hal ini agar kita tahu bagaimana memenuhi kebutuhan anak akan cinta dan emosinya dengan cara yang pas dan dimengerti olehnya.

Berikut ungkapan cinta anak yang sering tak disadari orangtua. Jika anak melakukan hal berikut, jangan lupa untuk membalas dengan memeluk, mengucap sayang atau hal lain yang menunjukkan cinta padanya.

 

5 dari 8 halaman

1. "Peluk aku! Kejar aku!"

Pelukan bagi banyak orang jadi bahasa cinta yang universal, termasuk pada anak. Untuk anak yang bahasa cintanya melalui sentuhan fisik, memelukkan seperti meneriakkan perasaan cinta di telinganya. Ia akan sangat gembira dan membalasnya lebih banyak.

Bisa juga ketika anak mengajak orang yang disayang untuk mengejar dan menangkap lalu memeluknya. " Jika anak-anak terus-menerus berada di ruang kerja orangtuanya, menyentuh, atau bermain-main dengan rambut orangtuanya, itu adalah sinyal bahwa mereka perlu lebih banyak disentuh," kata Laura Markham, Ph.D., penulis buku Peaceful Parent, Happy Kids.

 

6 dari 8 halaman

2. "Mana hadiahnya?"

Ada juga anak yang merasa dicinta ketika mendapatkan hadiah, persembahan atau barang lain. Seseorang yang bahasa cinta utamanya adalah hadiah cenderung peduli tentang bagaimana hadiah dibungkus, dan dia bakal ingat siapa yang memberinya apa selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah kejadian itu.

Anak melihat hadiah sebagai simbol cinta dan itu bisa berupa apa saja mulai dari batu yang sangat halus hingga bola benang dengan warna yang disukainya. Stiker dan gambar bintang juga merupakan cara konkret untuk membuat anak-anak ini merasa dicintai. Pastikan saja memberinya hadiah bermakna dan bukan yang mahal atau berlebihan.

 

7 dari 8 halaman

3. "Bicaralah padaku!"

Untuk anak-anak yang suka mendengarkan dengan penuh perhatian dan berbicara dengan manis, kata-kata orangtua yang penuh kasih sangat berarti. Jika anak berseri-seri setiap kali diberi pujian atau menawarkan mainan hingga makanan favoritnya, ini pertanda ia sangat suka ungkapan cinta secara langsung melalui kata-kata.

Jangan lupa ungkapkan cinta setiap hari, jelang tidur atau mungkin menuliskan catatan di bukunya. Ungkapan cinta akan sangat baik bagi emosinya.

 

8 dari 8 halaman

4. Perilaku melayani

Tindakan melayani adalah bahasa cinta yang terdengar paling aneh, tetapi anak-anak sangat menghargai pelayanan yang diberikan. Seperti mengambilkan susu, membuat payung mini atau memotong buah untuk mereka.

Sikap yang memanjakan dan melayani akan sangat mengena bagi anak. Mereka cenderung akan membalas hal yang sama ketika mengungkapkan perasaan cintanya.

5. Menghabiskan waktu bersama

Anak-anak ini merasa paling dihargai ketika orangtuanya memilih untuk menghabiskan waktu bersama. Misalnya saat anak berkata " ma/pa, lihat deh!" , " main yuk sama adik" , atau " Ayah, ke kamar yuk, adik mau menunjukkan sesuatu" .

Selain waktu bersama, tawarkan perhatian yang tidak terbagi. Sediakan waktu khusus bagi anak dengan perhatian yang terbagi. Mereka akan sangat menghargainya dan merasa dicintai secara utuh.

Sumber: Parents

Join Dream.co.id