Kecil-kecil Jadi Selebgram, Perhatikan Faktor Keamanan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  20 Maret 2018 10:02

Jangan sampai si kecil malah jadi incaran predator online.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Media sosial, terutama Instagram sedang sangat populer. Kita bisa dengan mudah menemukan foto-foto apik dan video menarik. Salah satunya adalah foto dan video aktivitas balita-balita menggemaskan.

Mungkin Sahabat Dream sudah sangat akrab dengan Tatan, Kirana atau para anak-anak seleb, seperti Gempita, Rafathar atau Raphael Moeis. Kelucuan bocah-bocah tersebut tentu jadi
hiburan tersendiri bagi para follower-nya.

Boleh dibilang kini sedang jadi tren, orangtua mengunggah aktivitas harian buah hatinya di Instagram. Sebenarnya hal tersebut tidak dilarang. Bahkan bisa mendatangkan keuntungan dalam hal materi, seperti tawaran iklan atau endorse.

Namun, hal yang harus diperhatikan dan selalu jadi pertimbangan utama adalah privasi dan keamanan anak. Kejahatan di dunia maya banyak sekali macamnya. Pencurian identitas,
penggunaan foto untuk informasi yang salah, bahkan penculikan bisa terjadi karena informasi seputar anak yang berlebihan di media sosial.

" Keamanan anak jadi isu yang harus sangat dijaga oleh orangtua, ini terkait privasi si anak. Predator online berkeliaran kapan pun dan di mana pun, bisa melakukan hal-hal buruk yang mungkin tak kita sadari," ujar Alex Kidman, seorang pakar media sosial, seperti dikutip dari Kidspot.

Kidman memperingatkan para orangtua agar jangan membuat akun khusus untuk anak-anaknya. Akan jauh lebih terkontrol jika orangtua yang mengontrolnya, terutama pada anak-anak berusia di bawah 14 tahun. Pastikan juga lingkar pertemanan di media sosial, disaring dengan baik.

" Setting private, hanya membagi postingan dengan close friend, untuk bisa mengakses harus melewati approval, buat media sosial seaman mungkin, terutama bagi anak-anak, jika orangtua memang memposting foto atau aktivitas buah hatinya," ungkap Kidman.

BERANI BERUBAH: Masker Kulit Sapi Pembuka Pintu Rezeki
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Ini Layanan Internet 5G Pertama di Indonesia
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :