Kebiasaan Buruk Orangtua yang Bikin Anak Malas Makan

Ibu Dan Anak | Senin, 3 Februari 2020 10:03
Kebiasaan Buruk Orangtua yang Bikin Anak Malas Makan

Reporter : Mutia Nugraheni

Anak membutuhkan banyak asupan gizi melalui makanan sehari-hari untuk tumbuh kembang yang optimal.

Dream - Banyak orangtua mengeluhkan saat anak melakukan gerakan tutup mulut (GTM) ketika diberi makan. Apapun menu yang diberikan, anak tak mau membuka mulut sama sekali.

Hal tersebut tentunya menyebabkan kekhawatiran. Pasalnya, anak membutuhkan banyak asupan gizi melalui makanan sehari-hari untuk tumbuh kembang yang optimal.

Salah satu penyebab anak malas makan adalah orangtuanya. Ada beberapa kebiasaan buruk para orangtua yang membuat anak tak mau makan. Penasaran apa saja?

Meneriaki Anak saat Menyuapinya

Sebagian besar bayi dan balita memang sangat pemilih soal makanan. Waktu makan adalah waktu yang paling menguji kesabaran orangtua. Meneriaki atau membentak anak hanya akan merusak suasana hatinya dan malah membuatnya marah. Semakin anak dibentak atau diteriaki, dia akan semakin tidak mau mendengar. Untuk itu, ketika menyuapinya, kita perlu melakukannya dengan cinta dan senyuman.

 

2 dari 3 halaman

Memaksa Anak untuk Makan Banyak

Anak-anak pada dasarnya keras kepala dan tidak suka dikontrol oleh siapa pun. Saat orangtua membuat anak tertekan dengan menyuruhnya makan banyak, anak bisa makin menolak untuk makan.

Bantu anak untuk tertarik dan mau menerima makanan yang kita berikan untuknya. Picu rasa penasarannya untuk mau mencicipi makanan sehat yang kita buat untuknya. Bisa juga libatkan anak dalam proses memasak atau membuat makanan yang akan dikonsumsinya.

 

3 dari 3 halaman

Mengabaikan Preferensi Makanan Anak

Anak memang punya kecenderungan terlalu pemilih soal makanan. Orangtua pun perlu mengarahkan anak untuk makan makanan sehat dan bergizi. Namun, jangan sampai melupakan preferensi makanan atau makanan kesukaan anak.

Anak bisa saja memiliki makanan tertentu yang paling ia sukai. Kita bisa bantu memenuhinya sembari perlahan-lahan memperkenalkannya pada makanan yang lebih sehat dan seimbang untuknya.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

Join Dream.co.id