Jangan Abai, Beri Pendampingan Saat Anak Main Gadget

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  25 Februari 2021 08:04

Bukan hanya membatasi durasi, anak juga butuh pendampingan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Pandemi membuat anak-anak sangat bergantung pada layar, mulai dari menggunakan ponsel, tablet, laptop, hinga PC untuk aktivitas di sekolah maupun mencari hiburan. Mungkin orangtua sebisa mungkin melarang atau mengurangi 'screen time' anak, tapi dalam situasi seperti sekarang cenderung sulit dilakukan.

Gadget dan laptop juga kerap disalahkan atas keterlambatan bicara, kelebihan sensorik, kurang tidur, dan pengaruh buruk lain pada anak. Ternyata 'screen time' tak selamanya buruk. Simak hasil survei yang dilakukan pada 20.000 keluarga.

" Temuan kami menunjukkan bahwa ada sedikit dukungan untuk teori bahwa penggunaan layar digital, dengan sendirinya, berdampak buruk bagi kesejahteraan psikologis anak-anak. Jika ada, temuan kami menunjukkan konteks keluarga yang lebih luas, bagaimana orang tua menetapkan aturan tentang waktu layar digital, dan jika mereka secara aktif terlibat dalam menjelajahi dunia digital bersama-sama, itu lebih penting daripada tak memberikannya sama sekali," ujar Andrew Przybylski dari Oxford Internet Institute dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Fatherly.

Pryzbylski dan timnya tidak menemukan korelasi antara pedoman penggunaan teknologi dan kesejahteraan mental anak-anak. Mereka mengatakan hasil ini kemungkinan besar karena fakta bahwa AAP (American Academy of Pediatrics) menyusun pedomannya berdasarkan data lama.

" Peneliti berkewajiban untuk melakukan penelitian yang cermat dan terkini yang mengidentifikasi mekanisme dan sejauh mana paparan waktu layar dapat memengaruhi anak-anak,” ujar peneliti lain, Netta Weinstein dari Universitas Cardiff mengatakan dalam pernyataan itu.

Apakah ini berarti orangtua bisa lebih longgar dalam memberikan gadget? Tidak juga. Peneliti menekankan kalau batasan durasi penggunaan gadget tak selalu yang utama, tapi juga harus dibarengi dengan pendampingan orangtua.

Selanjutnya : Cegah Nyeri Leher dan Punggung Pada Anak Saat Sekolah Online
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Setahun Mutia Ayu Hidup Tanpa Glenn Fredly
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :