Jaga Mental Anak Tetap Sehat Selama di Rumah Saja

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  7 Juli 2020 14:04

Jangan sampai dilupakan, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Kondisi pandemi membuat banyak orangtua lebih fokus kepada kesehatan fisik anak-anaknya. Memberi vitamin, makanan sehat serta menjaga kebersihan rumah secara ekstra terus dilakukan agar anak terhindari dari virus Covid-19.

Satu hal yang juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik anak adalah kesehatan mentalnya. Berada di rumah saja, tak bisa ke sekolah, bermain dengan bebas bersama teman-temannya tentu akan membuat anak merasa sangat jenuh bahkan stres.

" Anak tak akan bilang bahwa dirinya stres. Biasanya ia akan bilang, kalau nanti tak ada corona adik/ kakak mau main ke mal atau playground dan hal itu diungkapkannya berulang. Bisa juga anak malas melakukan apapun karena tak ada motivasi dan membuatnya lebih sering marah," kata Katie MacDonald, seorang terapis anak asal Toronto, Kanada.

Anak-anak sering mengalami kesulitan mengekspresikan perasaannya. Mereka tidak tahu bagaimana mengatakannya saat sedang jenuh, sedih atau kesal. Untuk itu orangtua harus lebih peka terhadap perubahan sikap anak dan menjaga kesehatan mentalnya.

 

Selanjutnya : Bagaimana caranya?
Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Warga Makmur ala Lorong Sayur
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :