Inspirasi dari Agatha Suci, Asuh 2 Anaknya yang Berkebutuhan Khusus

Ibu Dan Anak | Jumat, 14 Januari 2022 10:07

Reporter : Mutia Nugraheni

Tak ada yang bisa mengalahkan kekuatan cinta para orangtua!

Dream - Nama Agatha Suci dikenal publik ketika mengikuti ajang kompetisi tarik suara " Indonesian Idol" . Ia dulu dikenal dengan panggilan Suci " Idol" . Kini, dirinya sudah jadi ibu dua anak dan kerap membagikan keseharian dan inspirasi di akun Instagramnya @agathasuci.

Salah satu yang membuat sosoknya begitu menarik adalah semangatnya mendampingi dua buah hatinya, yang merupakan anak kebutuhan khusus (ABK). Anak pertamanya, Kahlia Adinda, dan anak keduanya memiliki Autism Spectrum Disorder (ASD) atau Austisme.

Keduanya harus menjalani terapi rutin agar tumbuh kembangnya tetap terjaga dengan baik. Suci bersama sang suami, Jeffry Thung, sangat kompak mengasuh dua anaknya.

Lewat Instagram ia juga sering membagikan momen berharga bersama dua anak istimewanya. Hal ini sangat menginspirasi para ibu, terutama yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Tengok beberapa momen tersebut yang begitu mengena di hati.

Pelukan hangat untuk Kahlia

 Kahlia© Instagram Agatha Suci

" Kahlia itu memang punya masalah di sensori. Dia ga suka dipeluk. Cuma makin gede, kayaknya dia udah ngerasa makin butuh pelukan untuk memenuhi kebutuhan sensorinya.. Jadi ketika butuh, Kahlia pasti datengin aku kayak gini, minta dipeluk, ga lebih dari 2 menit. Trus dia senyum2 trus pergi," tulis Suci dalam unggahannya.

Suci selalu siap sedia untuk memeluk putri kesayangannya. Gestur yang tampak sederhana antara ibu dan anak, tapi bagi Suci dan Kahlia begitu istimewa.

 

Inspirasi dari Agatha Suci, Asuh 2 Anaknya yang Berkebutuhan Khusus
Keluarga Agatha Suci Dan Jeffry Thung
2 dari 8 halaman

Kakak adik yang kompak

 Kahlia dan Arsa© Instagram Agatha Suci

Kahlia dan Arsa sangat menjaga satu sama lain. Mereka ke sekolah bersama dan kerap bergandengan tangan. Siapa yang tak meleleh melihat kedekatan kakak beradik ini. Hubungan hangat tersebut tentunya karena contoh dari Jeffry dan Suci.

 

3 dari 8 halaman

Terbuka

Suci dan sang suami, sangat terbuka kepada publik dengan kondisi kedua anaknya. Mereka juga tak segan mengakui kalau tidak mudah mengasuh kedua anaknya, tapi dengan saling mendukung, orangtua dengan anak ABK bisa melaluinya.

 Agatha Suci© Instagram Agatha Suci

" Bagi saya dengan menjadi apa adanya dan terbuka, sangat membantu saya.. #Love and be thankful for everything, there are so many things to be thanked for in this #beautiful life. Smile alot, cry much, don’t give up and love yourself more. Stay strong ibu-ibu! You are on the right track! May God be with us and stay sane," tulis Suci di salah satu postingannya.

4 dari 8 halaman

Dukungan Keluarga

 Agatha Suci© Instagram Agatha Suci

Memiliki keluarga yang selalu mendukung merupakan kekuatan yang sangat besar. Terutama dalam mengasuh anak-anak ABK, dibutuhkan pengertian dan rasa empati mendalam. Keluarga besar Suci serta Jeffry selalu mendukung mereka. Salut!

5 dari 8 halaman

Perjuangan Oki Setiana Dewi Dampingi Buah Hati yang Idap Penyakit Langka

Dream - Memiliki buah hati mengidap penyakit langka merupakan cobaan sekaligus berkah yang luar biasa bagi Oki Setiana Dewi. Putra bungsunya, Sulaiman Abdullah, lahir dengan kelainan bawaan.

Bocah lucu itu memiliki kondisi langka, yaitu Prader Wili Syndrome. Sebelum mendapatkan diagnosis tersebut, Sulaiman harus menjalani banyak pemeriksaan. Penyakitnya yang langka, membuat tim dokter membutuhkan waktu lama untuk mengetahuinya.

 Sulaiman Abdullah© Instagram Sulaiman

Sejumlah tes dilakukan Sulaiman, sample darahnya juga diperiksa di Jerman. Hal ini untuk mendapat mendapat diagnosis yang lebih menyeluruh. Setelah sekian banyak pemeriksaan dilakukan, diketahui kalau Sulaiman mengidap Prader Wili Syndrome.

 

6 dari 8 halaman

Masalah Pertumbuhan

Prader-Willi Syndrome, dikutip dari KlikDokter.com, merupakan kelainan genetik yang ditandai dengan gangguan pertumbuhan, perkembangan, dan kecerdasan. Gejalanya antara lain kelemahan otot-otot besar yang mulai terlihat sesaat setelah lahir.

 Sulaiman Abdullah© Instagram Sulaiman

Pada satu tahun pertama, anak mengalami kegagalan pertumbuhan (berat badan dan tinggi badan lebih rendah dari anak seusianya). Lalu pada usia 1–6 tahun, anak merasa lapar terus menerus, sehingga sangat sering makan dan mengalami peningkatan berat badan yang sangat signifikan.

7 dari 8 halaman

Semangat Oki Demi Buah Hati

Kondisi bibirnya juga sangat tipis, perkembangan seksual terlambat dibandingkan anak seusianya, anak juga mengalami kesulitan belajar. Setelah Oki mendapat diagnosis, Sulaiman pun menjalani banyak terapi, pengobatan dan bahkan operasi.

 Sulaiman Abdullah© Instagram Sulaiman

Mengetahui kondisi sang anak yang lahir pada 16 November 2020 memiliki penyakit langka, Oki tak lantas tenggelam dalam kesedihan. Ia dengan semangat membuat janji konsultasi dengan banya dokter spesialis, karena Sulaiman memang harus ditangani oleh banyak dokter.

 

8 dari 8 halaman

Tawakal

" Orang dikasih oleh Allah ujian masing-masing yang penting kita bertawakal berserah kepada Allah, bersyukur bahwa Allah sudah kasih banyak kenikmatan kemarin-kemarin. Ujian yang diberikan lebih sedikit dibandingkan kenikmatan yang Allah kasih," ujar Oki dalam Youtube channelnya, Oki Setiana Dewi.

 Sulaiman Abdullah© Instagram Sulaiman

Sulaiman awalnya, memakai selang untuk bisa minum susu dan makan. Setelah menjalani terapi dan pengobatan, ia kini mulai minum lewat mulut. Ototnya yang lemah memang tak bisa membuatnya mengecap dan mengunyah dengan mudah.

Pada awal Desember 2021 lalu, Sulaiman juga harus menjalani operasi. Kondisinya kini mulai membaik dan masih harus terus menjalani terapi dan perawatan. Oki kerap berbagai pengobatan yang dilalui Sulaiman di Youtube channelnya.

 Sulaiman Abdullah© Instagram Sulaiman

Video Oki mungkin bisa jadi semangat para orangtua yang juga memiliki buah hati dengan penyakit langka. Salut dengan perjuangan Oki dan keluarga demi Sulaiman. Sehat selalu!

Join Dream.co.id