Ini Sebabnya Ayah dan Ibu Sering Bertengkar Setelah Bayi Lahir

Bertengkar
IBU DAN ANAK  |  14 Oktober 2020 14:01

Beberapa pasangan ada yang makin kompak setelah kehadiran anak, tapi ada juga yang sebaliknyam selalu bertengkar.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Kehadiran buah hati, terutama anak pertama, tentunya membuat pengalaman baru baik bagi ayah maupun ibu. Perubahan pun terjadi secara drastis, mulai dari perencanaan keuangan, kondisi rumah hingga yang sering tak disadari adalah hubungan ayah dan ibu.

Beberapa pasangan ada yang makin kompak setelah kehadiran anak. Adanya tanggung jawab baru, membuat orangtua jadi membuat kerja 'tim' yang sangat baik. Ada juga yang sebaliknya, pertengkaran malah sering terjadi, bahkan hubungan malah merenggang.

Transisi dari hanya berdua lalu jadi memiliki bayi dan menjadi orangtua adalah pengalaman yang mengasyikkan, memberdayakan, dan mengubah hidup.

" Hal ini juga menguras tenaga, membuat frustrasi, dan menyita waktu. Kombinasi dari semua faktor tersebut dapat mengancam hubungan jika tidak berhati-hati," kata Sherri Gordon, seorang pakar hubungan, dikutip dari Verywell.

Penelitian menunjukkan, suami istri pasangan biasanya mengalami peningkatan konflik dan penurunan kepuasan secara keseluruhan saat anak pertama mereka lahir. Ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap perasaan ini termasuk penyesuaian pada peran baru dan sumber daya yang terkuras seperti waktu, tidur, dan uang.

" Banyak orang tua terkejut menemukan bahwa perselisihan hubungan setelah bayi lahir adalah kenyataan. Mereka berasumsi bahwa memiliki bayi secara alami akan mendekatkan mereka sebagai pasangan. Agar hal itu terjadi, orang tua baru harus melakukan upaya dan usaha," ungkap Gordon.

 

Selanjutnya : Jaga Kualitas Hubungan Setelah Anak Lahir
Backstage POPA #36 bersama Jirayut & Indra Bekti | Pop Academy 2020
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Backstage POPA #36 bersama Jirayut & Indra Bekti | Pop Academy 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :