Hukum Orangtua Menyakiti Hati Anak Dalam Islam

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  12 Juni 2020 14:03

Orangtua juga harus menjaga perasaan anak-anaknya.

Reporter : Ulyaeni Maulida

Dream – Setiap anak harus berbakti kepada orangtua. Namun sebagai orangtua, juga harus melakukan tanggungjawabnya. Seperti merawat sedari dalam kandungan hingga lahir ke dunia, memberikan kasih sayang, membiayai dan memberikan pendidikan dasar kepada anak. Terutama pendidikan tentang ilmu agama.

Semua hal tersebut akan menjadi bekal anak kelak saat mereka dewasa. Anak-anak yang diajarkan tentang adab dan ilmu agama, akan tumbuh menjadi orang yang selalu menghargai sesama. Mereka yang selalu diberikan perhatian dan kasih sayang pun akan senantiasa memiliki hati yang lembut.

Islam mewajibkan seorang anak untuk selalu berbakti kepada orangtua. Selalu taat akan perintahnya, berbuat baik dan tidak menyakiti hati orangtua. Namun, tak hanya anak saja yang harus menjaga perasaan dan hati orangtua, anak juga berhak dijaga perasaannya oleh kedua orangtuanya.

Allah SWT telah berfirman dalam At Tahrim ayat 6:

 Ayat Al quran

“ Yaa ayyuhallaziina aamanu quu anfusakum wa ahliikum naaraw wa quduhan-naasu wal-hijaaratu 'alaihaa malaa'ikatun gilaazun syidaadul laa ya'sunallaaha maa amarahum wa yaf'aluna maa yu'marun.”

Artinya:

" Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

Ayat tersebut memerintahkan manusia untuk menjaga diri dan keluarganya dari api neraka. Dan senantiasa memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya.

Selanjutnya : Hukum orangtua yang menyakiti hati anaknya
Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :