Hukum Berpuasa Bagi Anak Kecil, Simak Penjelasannya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  4 Mei 2020 16:03

“Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa".

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Berpuasa merupakan ibadah yang istimewa. Perintah dari Allah SWT kepada hambanya yang hanya dilakukan selama satu bulan pada Ramadhan dengan berbagai keberkahan di dalamnya.

Untuk itu wajib menjalaninya. Termasuk mengajarkan anak-anak yang masih di bawah 7 tahun untuk berpuasa. Kewajiban puasa ini didasarkan pada firman Allah Surat Al-Baqarah ayat 183. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman:

 Albaqarah 183

Artinya: “ Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa" .

Perlu diketahui, tidak semua orang diwajibkan puasa. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi orang yang berpuasa. Dikutip dari NU Online, jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, kewajiban puasa tidak berlaku baginya dan tidak berdosa meninggalkannya.

Abdul Wahab As-Sya’rani dalam Mizanul Kubra mengatakan:

 Penjelasan Abdul Wahab

Artinya: “ Ulama empat madzhab menyepakati kewajiban puasa bagi muslim baligh, berakal, suci, mukim, dan mampu berpuasa.”

 

Selanjutnya : Tidak Wajib
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Nusantara Fashion Festival 2020 : Fashion Talks
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :