Hindari Kepanikan, Jelaskan dengan Tenang Soal Corona Pada Anak

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  4 Maret 2020 16:01

Berikan informasi yang tepat, jangan menakuti anak.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Pemberitaan terus-menerus soal kasus corona positif (Covid-19) di Indonesia, bisa jadi membuat anak-anak penasaran. Pada anak usia sekolah dasar (SD) ke atas, mereka bisa saja mengajukan pertanyaan kritis soal corona.

Orangtua, tentunya harus memberikan informasi yang tepat dan bukan menimbulkan rasa panik pada anak. Apalagi sampai menakut-nakutinya. Gali informasi dari situs yang tepat, bisa dari WHO atau Kementerian Kesehatan.

" Dalam menjelaskan virus corona para orangtua harus tetap terinformasi dengan baik. Penting bagi para orangtua untuk tetap mendapatkan informasi terbaru terkait virus corona, sehingga dapat menjawab pertanyaan anak-anak," ujar Molly Gardner, seorang psikolog anak di Rumah Sakit Anak Nationwide, Ohio.

Tak hanya itu, para orangtua juga harus tetap menjaga situasi dan kondisi agar anak-anak tidak merasa cemas. Menurut direktur Clay Center for Young Healthy Minds di Massachusetts, Ellen Braaten, para orangtua juga harus menyesuaikan pendekatan tergantung pada usia anak mereka.

" Harus dipikirkan juga apakah lebih banyak memberikan informasi membantu mereka mengatasinya atau justru membuat mereka cemas," ujar Braaten.

 

Selanjutnya : Diskusi
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :