Hindari 5 Kalimat yang Bisa Menyakiti Anak

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  14 Januari 2021 08:03

Orangtua kerap terpancing emosi dan mengungkapkan kata-kata yang bisa melukai anak.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Membesarkan dan mengasuh buah hati sampai ia dewasa dan mandiri tentunya penuh tantangan. Emosi bakal mengalami pasang surut, dan bukan tak mungkin kita mengalami konflik dengan anak atau perbedaan pendapat yang cukup serius.

Termasuk ketika anak-anak masih kecil dan sangat sulit diberi tahu. Orangtua kerap terpancing emosi dan mengungkapkan kata-kata yang bisa melukai anak. Seemosi apapun jangan sampai mengucapkan lima kalima berikut karena dapat menyakiti hati buah hati.

1. Berhenti menangis
Perlu diingat jika menangis adalah proses mengolah emosi yang boleh dilakukan. Bahkan ingatlah jika orang dewasa juga bisa menangis. Jadi, barkanlah sang anak meluapkan emosinya dengan menangis. Jangan melarangnya. Hal ini hanya akan membuatnya tertekan.

2. Ayah/ibu tidak menyukai kamu
Di saat orangtua mengatakan hal ini, justru hanya akan menimbulkan jarak dan memupuk rasa benci sekaligus dendam. Jadi, hindari kalimat ini sebisa mungkin. Hal yang kita tidak suka adalah sikap buruknya, bukan anak sebagai pribadi.

3. Ayah/ibu telah berkorban untuk kamu
Banyak orangtua yang mengatakan hal ini kepada buah hatinya. Ucapan tersebut hanya akan menimbulkan rasa benci dan beban, serta bisa menciptakan traumatis bagi anak. Jadi, berkan afirmasi yang baik untuk si kecil. Bukan malah mengumbar pengorbanan.

4. Tinggalkan ayah/ibu sendiri
Terkadang seorang ibu membutuhkan ruang dan waktu tersendiri. Tapi, gunkanlah kalimat yang lebih menyenangkan agar si kecil bisa mengerti secara positif.

5. Berhenti bertanya sesuatu
Seorang anak ingin mengetahui banyak hal. Di saat orangtya melarangnya maka hanya akan membatasi si kecil untuk mengetahui banyak hal.


Laporan Nabila Mecadinisa/ Sumber: Fimela

Selanjutnya : Bantu Anak Mengelola Emosi dengan Baik, Bagaimana Caranya?
Di Antara Cerita, Rasa, dan Diam-Diamnya ArTi
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Dude Harlino & Alyssa Soebandono | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps5
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :