Hibur Pasien Anak, RS Ini Bikin 'Pantai' untuk Bermain

Ibu Dan Anak | Senin, 16 September 2019 18:04
Hibur Pasien Anak, RS Ini Bikin 'Pantai' untuk Bermain

Reporter : Mutia Nugraheni

Tim dokter percaya, bermain di luar ruangan akan membantu mempercepat pemulihan pasien anak.

Dream - Suasana rumah sakit identik dengan nuansa yang dingin, kaku bahkan menakutkan, terutama bagi anak-anak. Kini, banyak rumah sakit mendesain ulang interior, demi membuat pasien merasa lebih nyaman dan tak seperti berada di ruangan menegangkan.

Salah satunya. rumah sakit anak di Italia, bernama Gaslini Pediatric Institute of Genoa. Bukan hanya sekadar membuat ruang main untuk anak-anak, rumah sakit ini membuat pantai khusus di dalam bangunannya.

2 dari 6 halaman

Gaslini Beach

Sebuah area bermain bertema pantai diciptakan khusus untuk para pasien anak. Lengkap dengan pasir dan air untuk bermain, kursi untuk bersantai, dan payung untuk berteduh.

Dalam area tersebut pasien anak bisa bermain di luar ruangan, tapi tentunya dengan izin dokter yang merawatnya. Akan ada tim medis khusus yang mengawasi area tersebut.

Tim dokter percaya, dengan anak-anak bermain di luar, mendapat udara segar, paparan sinar matahari akan sangat baik bagi proses penyembuhannya. Tak hanya itu, kondisi psikologis juga jadi lebih tenang.

3 dari 6 halaman

Diawasi khusus

Tak semua pasien anak bisa bermain di area ini. Pasalnya, tiap kondisi penyakit anak berbeda. Untuk bisa bermain, harus ada izin dokter yang merawat. Tak hanya berupa disediakan area bermain, nantinya banyak permainan yang dibuat khusus.

Area bermain juga dibuat mudah diakses anak dengan kursi roda dan tiang infus. Wah, senangnya.

4 dari 6 halaman

Lindungi Kulit Buah Hati Saat Bermain di Pantai

Dream - Udara pantai memang sangat segar, terutama untuk anak-anak yang mengalami masalah pernapasan. Bermain di pantai juga jadi aktivitas seru karena si kecil bisa bebas bermain di pasir dan air laut.

Suasana pantai yang menyenangkan jangan sampai membuat Anda lengah untuk melakukan perlindungan terhadap kulitnya. Kulit anak, terutama balita sangat sensitif terhadap sengatan matahari dan mudah sekali terbakar.

Untuk melindungi kulit si kecil pastikan mengolesi kulitnya dengan sunblock 15 hingga 30 menit sebelum bermain di pantai. Hal ini agar formula sunblock sudah meresap sehingga melakukan perlindungan maksimal.

Aplikasikan sunblock di seluruh area kulit yang terbuka termasuk wajah, leher, belakang telinga dan kaki. Gunakan juga topi dan kacamata hitam. Setelah bermain air atau setelah 15 menit aplikasikan kembali sunblock.

Sebaiknya pergi ke pantai pagi-pagi sekali, sekitar pukul 06.00. Hal ini agar si kecil tak terlalu kepanasan dan ketika matahari sudah terik sekitar pukul 09.00, Anda bisa kembali ke rumah. Perhatikan juga perubahan kulit si kecil setelah bermain.

Jika muncul kemerahan dan si kecil tidak rewel, bisa jadi kulitnya hanya iritasi ringan, cukup olesi baby oil atau krim untuk kulit bayi. Namun jika kulit kemerahan disertai rasa gatal, lalu mengelupas dan si kecil rewel, bisa jadi iritasi yang terjadi cukup parah. Segera konsultasikan dengan dokter jika kulit anak iritasi parah atau terbakar.

 (Sumber: Healthy Children.org)

 

5 dari 6 halaman

Bawa Bayi ke Pantai, Jangan Abaikan 5 Hal Ini

Dream - Akhir pekan saatnya melepas penat. Apalagi jika Anda memiliki bayi, tentu ingin mengajaknya ke tempat-tempat baru yang belum pernah ia kunjungi. Salah satunya adalah pantai. Angin yang sejuk serta pasir yang halus jadi tempat bermain yang nyaman.

Membawa bayi ke pantai, tentunya Anda harus membuat serangkaian persiapan. Meski terasa sejuk saat pagi hari, sinar matahari bisa berbahaya. Perhatikan lima hal ini agar kondisi bayi tetap aman saat bermain di pantai.

Tabir surya
Aplikasikan tabir surya satu jam sebelum si kecil main di pantai. Hal ini agar formulanya menyerap sempurna dan perlindungan jadi lebih maksimal. Aplikasan kembali tiap satu jam atau setelah tersiram air. Ketika buah hati terlihat lucu dengan pakaian renang two piece atau celana renangnya, perhatikan paparan sinar matahari. Gunakan kaus lengan pendek atau panjang saat matahari makin terik.

6 dari 6 halaman

Jangan Lupakan 3 Hal Ini

Alas kaki

Jika si kecil sudah bisa berdiri maupun berjalan, Anda pasti menginginkan ia untuk mencoba merasakan pasir atau air laut di kakinya. Jika ingin jalan-jalan sedikit sebaiknya kenakan sendal agar ia tak merasa sakit saat menginjak kerang dan pecahan karang.

Pakai topi
Lindungi kepala dan mata bayi Anda dari sinar matahari yang bisa menyengat dengan topi pantai dan kacamata hitam. Pilihlah kacamata hitam dan topi pantai yang ada talinya hingga bisa terus terpasang dan tidak mudah lepas.

Payung
Sinar matahari memang bagus untuk semua orang, tapi tentunya Anda tidak ingin anak terpapar terlalu lama. Lengkapi perlengkapan pantai dengan kanopi atau booking tempat yang dilengkap payung pantai.

Minum yang cukup
Pastikan juga si kecil minum cukup banyak air, bisa jus, air putih atau susu agar ia tak kehausan. Jangan sampai anak mengalami dehidrasi karena terlalu banyak bermain di cuaca panas dan kurang minum.


Laporan Gemma Fitri Purbaya


Sumber: Parent Society

Join Dream.co.id