Hadapi Si Kecil yang Super Aktif, Coba Lakukan 4 Hal Ini

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  30 September 2020 16:05

Menghadapi anak yang aktif butuh trik-trik tertentu agar energinya tersalurkan dengan baik.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Anak-anak yang super aktif membutuhkan banyak aktivitas yang menantang bagi tubuh dan pikirannya. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, di mana anak tak bisa ke sekolah dan bebas bermain, tentunya membuat anak jadi kurang tantangan.

Orangtua pun kerap kewalahan karena anak selalu mencari aktivitas terus-menerus. Energi dan rasa ingin tahu yang begitu besar, membuat anak-anak jadi sangat aktif. Menghadapi anak yang aktif butuh trik-trik tertentu agar energinya tersalurkan dengan baik.

Coba empat hal berikut untuk menghadapi buah hati yang cenderung sangat aktif. Tak ada salahnya dicoba.

1. Jadwal tertulis dan terstruktur
Buatlah aturan atau jadwal kegiatan atau bermain ketika di rumah. Orangtua harus displin dan tegas dalam menjalankan aturan tersebut. Anak aktif umumnya akan mengalami masalah dalam memahami lingkungan dengan suasana yang tidak tertata.

Ini mempermudah anak untuk tahu kapan waktu bermain, belajar dan aktivitas lainnya. Taruh jadwal di area yang mudah dilihat. Jika anak sudah melakukannya, beri tanda bintang atau penanda lain.

Tapi perlu diingat tegas bukan berarti marah ya. Upayakan untuk memberinya ucapakan kasih sayang, misalnya " Terima kasih membantu ibu membereskan mainan" .

 

Selanjutnya : 2. Aktivitas fisik yang banyak
Insiden Menyakitkan Mahkota Mrs Sri Lanka Dicopot Paksa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :