Hadapi Konflik Kakak Adik, Orangtua Butuh Lebih Bijak

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  2 April 2021 10:24

Persaingan antar saudara adalah bagian normal dari pertumbuhan, tetapi dapat membuat orangtua ikut stres.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - " Ayah/ibu gak adil" , " kenapa kakak boleh, aku tidak?" , atau " adik gak pernah dimarahi, tapi aku selalu disalahkan" . Pernyataan tersebut mungkin kerap Sahabat Dream dengar dari si kakak atau si adik saat mereka bertengkar.

Sebisa mungkin kita berusaha adil pada anak-anak, tapi buah hati tak merasa demikian. Menghadapi ucapan anak-anak saat mereka berkonflik tak bisa dipungkiri juga sangat memancing emosi.

" Pertengkaran saudara merupakan pasang surut kehidupan keluarga. Kepribadian dan usia yang berbeda dapat berperan, tetapi saudara kandung juga sering melihat diri mereka sebagai saingan, bersaing untuk mendapatkan bagian yang sama dari sumber daya keluarga yang terbatas (seperti kamar mandi, telepon,) dan perhatian orangtua," kata Renee A. Alli, MD, dikutip dari WebMD.

Persaingan antar saudara adalah bagian normal dari pertumbuhan, tetapi dapat membuat orangtua ikut stres. Lalu apa kunci untuk meminimalkan perselisihan di rumah? Ketahui kapan harus membiarkan anak-anak mengatasi masalah mereka sendiri dan kapan harus turun tangan layaknya 'wasit'.

 

Selanjutnya : Coba Terapkan Cara Ini
BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :