Hadapi Anak yang Berulah, Teh Ninih Ajarkan Bacaan Ini

Ibu Dan Anak | Rabu, 9 Juni 2021 08:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Selalu memohon bimbingan Allah SWT.

Dream - Anak-anak memiliki karakter dan sifat masing-masing. Ada kalanya buah hati sangat sulit dihadapi, berulah, mengamuk dan menguji kesabaran kita sebagai orangtua.

Bukan hanya anak balita, tapi juga remaja. Jangan sampai kita menghadapi anak yang berulah dengan penuh emosi. Teh Ninih dalam akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah memberikan trik bagi para orangtua saat menghadapi anak yang sulit diatur.

Hal pertama yang penting dilakukan adalah mengendalikan amarah. Jangan sampai emosi meningkat saat menghadapi anak yang berulah.

" Ternyata kemarahan itu tidak menyelesaikan masalah, malah menambah masalah. Ketika marah itu nasihat kita nggak bijak, itu akan mengundang tekanan bahkan di situ akan keluar kata-kata yang tidak mendidik, yang buruk ya," ungkap Teh Ninih.

Ibu dari 7 anak mengingatkan para orangtua untuk banyak-banyak berzikir. Selalu ingat Allah SWT dan berusaha meredakan kemarahan dengan memohon bimbingan-Nya

" Kalau ada anak yang tingkahnya sangat aneh-aneh di situ harus banyak-banyak berzikir A'udzu billahi minasy syaithonir rojiim, kemudian bacaan Subhanallah Walhamdulillah supaya kita dibimbing terus, supaya kemarahannya itu tidak membludak," pesan Teh Ninih.

Beliau juga mengingatkan, jangan mendidik anak dengan kemarahan. Bisa berdampak buruk pada kondisi mentalnya.

" Mendidik anak itu kalau dengan kemarahan anaknya akan menjadi tertekan, tapi kalau mendidik anak dengan bijak anak bisa mengambil nasihat yang baik dari orangtua.. Orang yang ketika menghadapai kenakalan anak selalu online dengan Allah maka semuanya akan dibimbing," ungkap Teh Ninih.

Sumber: Instagram @ninih.muthmainnah

Hadapi Anak yang Berulah, Teh Ninih Ajarkan Bacaan Ini
Teh Ninih Dan Putrinya, Ghaida/ Foto: Instagram Ghaida
2 dari 6 halaman

Teh Ninih Ingatkan Bahaya Harta Haram untuk Anak

Dream - Baik ayah maupun ibu yang bekerja mencari nafkah untuk kehidupan keluarga yang lebih baik, Allah SWT menjanjikan pahala. Kelelahan karena pekerjaan yang halal akan berbuah keberkahan, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga keluarga.

Penting diingat, agar selalu mencari nafkah yang halal. Jangan sampai orangtua mendapat harta yang haram lalu kemudian dibawa pulang ke rumah dan diberikan pada anak-anak, naudzubillah min dzalik.

Teh Ninih Mutmainah, dalam akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah mengingatkan para orangtua untuk selalu membiasakan anak-anaknya melakukan ibadah, seperti sholat, puasa dan bersedekah. Satu hal yang juga ditekankannya adalah, jangan sampai anak-anak kita diberi sesuatu yang haram, dampaknya mengerikan.

" Pastikan tidak ada harta haram yang melekat di badannya atau masuk ke dalam tubuhnya. Apa yang dimakan, diminum dan dipakainya harus dipastikan terjamin kehalalannya," tulis Teh Ninih.

Beliau mengingatkan, harta haram sejatinya akan menghalangi datangnya hidayah. Hal yang haram akan menyumbat mata, telinga dan hati dari cahaya kebenaran dan keberkahan.

" Harta haram, walau sedikit, dia bisa menghancurkan aneka kebaikan yang berusaha ditanam orangtua pada diri anak-anaknya," pesan Teh Ninih.

Salah satu hal yang juga diingatkannya adalah, di antara pesan para istri kaum salafush shalih saat suaminya hendak pergi mencari nafkah adalah, " Jauhi olehmu penghasilan yang haram! Sesungguhnya, kami mampu bersabar atas rasa lapar tetapi kami tidak mampu bersabar atas panasnya neraka" .

3 dari 6 halaman

Rekomendasi Channel YouTube Anak Islami untuk Tontonan

Dream - Banyak cara untuk membuat bulan Ramadan jadi spesial bagi anak-anak. Terutama bagi anak yang masih di bawah 10 tahun. Mereka masih baru belajar berpuasa dan kerap kali merengek dan tak bersemangat karena haus dan lapar.

Sebagai orangtua tentunya kita ingin anak-anak mulai terbiasa puasa sebelum baligh. Mereka juga bisa mengisi Ramadan dengan banyak aktivitas bermanfaat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menonton tayangan bernuansa Islami di YouTube Channel.

Tentunya ayah bunda harus mendampingi. Banyak sekali pelajaran soal Agama Islam yang anak serap melalui tayangan berikut dan bisa jadi momen diskusi seru untuk mengisi Ramadan. Berikut rekomendasinya.

Riko The Series

 Riko The Series
© Instagram Riko The Series

Serial ini memang sudah ada salah satu televisi nasional, tapi ada juga episode yang awal yang mungkin belum banyak ditonton oleh si kecil. Bercerita tentang anak lelaki yang bernama Riko dan memiliki robot.

Riko tinggal bersama orangtua dan kakak perempuannya. Banyak pelajaran dan Riko yang bisa jadi contoh positif bagi anak-anak. Seperti selalu membaca Alquran, tidak takut sunat, mendahulukan adab dan masih banyak lagi. Tayangan seputar Ramadan dan puasa juga ada, dikemas dengan apik yang disukai anak-anak. Dibuat oleh perusahaan animasi asal Indonesia, Garis Sepuluh. Ini linknya.

 

4 dari 6 halaman

Nussa dan Rara

Tayangan satu ini juga sangat populer di kalangan anak-anak. Bercerita tentang keseruan kakak beradik Nussa dan Rara yang tinggal bersama ibu mereka. Nussa kehilangan kaki dan harus menggunakan kaki buatan.

 Nussa dan Rara
© Instagram Nussa dan Rara

Hal itu tak lantas membuatnya rendah diri. Ia tumbuh jadi anak yang saleh dan ceria. Selalu jadi sosok yang bijak bagi adiknya yang suke iseng, Rara. Banyak sekali pelajaran soal Agama Islam yang dikemas sederhana untuk dimengerti anak-anak. Diproduksi oleh perusahaan animasi Tanah Air, Little Giantz. Ini linknya.

 

5 dari 6 halaman

Omar dan Hanna

Merupakan serial kartun anak Islami yang diproduksi oleh perusahaan animasi asal Malaysia. Bercerita seputar keseruan keluarga kakak adik Omar dan Hana, di mana ayah danibunya kerap mencontohkan nilai Islam dengan lagu-lagu dan gerak.

 Omar Hanna
© Omar Hanna Instagram

Gambarnya yang menarik serta banyak tarian serta lagu membuat serial ini mudah menarik perhatian anak. Ini linknya.

 

6 dari 6 halaman

Diva The Series

Serial Diva The Series sebenarnya tak mengkhususkan pada konten Islami, tapi ada beberapa episode yang mengajarkan soal doa-doa harian dan akivitas keislaman. Diva digambarkan sebagai sosok anak perempuan yang kritis dan pintar.

 Diva The Series
© Instagram Diva The Series

Ia selalu ditemani kucing putihnya, Pupus, yang bisa berbicara. Banyak sekali hal positif yang diajarkan dalam serial produksi Kastari Sentra Media asal Indonesia ini. Berikut linknya.

Join Dream.co.id