Gambar Emosi Bisa Bantu Buah Hati Ungkapkan Perasaan

Bagan emosi/ foto: shutterstock
IBU DAN ANAK  |  27 September 2020 10:20

Bagian yang sulit adalah menemukan bahasa untuk membantu orangtua dan anak berkomunikasi tentang emosi yang mereka rasakan.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Pandemi covid-19 membuat semua orang termasuk anak-anak mengalami kondisi emosi yang naik turun. Tak semua anak bisa mengungkapkan perasaan dan emosinya dengan baik.

Padahal menyalurkan emosi sangat penting bagi kesehatan mental anak, terutama dalam situasi seperti sekarang ketika mereka terisolasi secara fisik. Tak hanya itu, kecemasan orangtua juga 'menular' ke anak dalam banyak hal.

" Orangtua perlu mencontohkan manajemen stres dan menurunkan kecemasan yang efektif pada anak-anak. Bagian yang sulit adalah menemukan bahasa untuk membantu orangtua dan anak berkomunikasi tentang emosi yang mereka rasakan. Di situlah bagan perasaan dapat membantu," kata Ellen O'Donnel, Phd, seorang psikolog anak di MassGeneral for Children di Boston, dikutip dari Fatherly.

 Gambar Emosi

Bagan perasaan atau gambar emosi adalah alat yang membantu anak mengembangkan kosakata emosionalnya. Ini membantu anak-anak merefleksikan perasaan mereka dan mendeskripsikannya dengan lebih tepat.

" Ini bisa berupa daftar kata-kata perasaan atau bagan gambar kata-kata dan ekspresi, apa pun yang menurut anak lebih mudah digunakan," kata Ellen.

 

Selanjutnya : Minta Anak Menunjukkan Emosi Pakai Gambar
Cara untuk Kurangi Risiko Penularan Covid-19 saat Liburan
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Eksklusif! Ical DA, Percaya dengan Alat Makan Sendiri
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :