Dua Kata yang Bisa Bantu Komunikasi dengan Anak Speech Delay

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  23 Februari 2021 16:03

Layak dicoba saat menghadapi balita yang masih belajar bicara.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Kemampuan berbicara anak-anak di bawah usia 5 tahun berbeda-beda. Ada yang sudah memiliki banyak perbendaharaan kata dan mengerti dengan instruksi sederha atau hal yang dikatakan orangtuanya.

Banyak juga anak yang mengalami keterlambatan bicara atau speech delay. Hal ini membuat anak kerap mengamuk atau tantrum karena tak bisa mengungkapkan keinginannya dengan jelas. Orangtua atau orang di sekitarnya tak bisa mengeti apa yang diucapkannya.

Rachel Bowie, seorang terapis wicara anak, mengungkap kalau ada trik yang bisa dilakukan para orangtua dalam menghadapi anak-anak yang mengalami speech delay. Selalu ucapkan dua kata yaitu " tunjukkan pada mama/ papa" .

" Misalnya balita ingin dicarikan mainan tertentu untuknya, tetapi perkataannya untuk mainan tidak jelas dan tak bisa dimengerti. Namun, dalam benaknya, itulah namanya dan juga persis seperti apa yang dia ucapkan. Semakin ditanya anak terus menjawab dengan bahasa dan orangtua tetap tak mengerti, hal ini bisa memicu frustasi anak dan ia mengamuk," kata Bowie.

 

Selanjutnya : Dampaknya
[TEASER] Gerald Yohanes - Mezty Mez | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 6
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Dude Harlino & Alyssa Soebandono | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps5
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :