Coba Cara Bijak Hadapi Kemarahan Buah Hati

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  22 April 2021 12:02

Tangan anak tampak terkepal atau dia mengatupkan giginya begitu keras hingga rahangnya gemetar. Pernah menghadapi situasi ini?

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Anak yang biasanya bersikap lucu dan menyenangkan, lalu mengamuk, berteriak sambil melempar barang dan menendang pintu. Hal ini tentunya membuat kita bingung dan juga ikut emosi.

Tangan anak tampak terkepal atau dia mengatupkan giginya begitu keras hingga rahangnya gemetar. Pernah menghadapi situasi ini? Kemarahan yang dramatis dan terkadang menakutkan ini berasal dari kurangnya kemampuan anak berkomunikasi.

" Si kecil belum bisa membahasakan apa yang dirasa dan diinginkannya. Sebaliknya, anak mengekspresikan perasaan dan kebutuhan ini secara fisik. Mereka akan menangis dan menjerit, berguling, atau menendang," ujar Meri Wallace, LCSW, terapis anak dan keluarga, dikutip dari Parents.

Penting bagi orangtua untuk membantu anak mengelola kemarahannya. Cara-cara berikut mungkin bisa diterapkan.

Terima kemarahan anak
Jika anak sedang marah, katakan, " Aku tahu kamu marah" , lalu katakan misalnya " Mama lihat adik sangat suka main ayunan di luar, tapi hujan sudah turun kalau tetap main nanti ada kilat berbahaya dan terkena hujan lalu sakit" .

Validasi kemarahan anak. Katakan tidak apa-apa kalau marah, tapi coba latih si kecil untuk menarik napas panjang dan buang perlahan berkali-kali. Ini bisa membantunya menurunkan emosi.

 

Selanjutnya : Lakukan Perlahan
Video Podcast #AninBincangSG - Ramadan in Singapore
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Fimela with Barry X iStyle | Iftar Makeup Look Tutorial
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :