Caca Tengker Ceritakan Awal Tahu Putri Pertamanya Kidal

Ibu Dan Anak | Selasa, 16 November 2021 10:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Rupanya sejak bayi Ansara memang lebih banyak menggunakan tangan kirinya.

Dream - Mayoritas orang di dunia merupakan pengguna tangan kanan yang dominan. Tangan kiri hanya digunakan saat harus melakukan aktitas dengan dua tangan. Ada juga yang kidal, atau penggunaan tangan kirinya lebih dominan dan hal ini biasanya sudah terlihat sejak kecil.

Alsi Mega Marsha Tengker, atau akrab disapa Caca yang berprofesi sebagai psikolog mengungkap kalau putrinya, Ansara, adalah seorang kidal. Rupanya sejak bayi Ansara memang lebih banyak menggunakan tangan kirinya.

" Banyak yang nanya, Mba Ansara kidal ya? Yes, bener banget. Aku udah lihat dari bayi memang tangan yang dominan tangan kiri. Mulai dulu ngenyot jari itu selalu tangan kiri. Pas mulai makan dan memasukan benda ke mulutnya juga pakai tangan kiri," tulis Caca Tengker, di akun Instagramnya @cacatengker.

Ansara sudah diobservasi sejak bayi. Hasilnya menunjukkan kalau memang penggunaan tangan kirinya lebih dominan. Caca bercerita Ansara harus belajar untuk makan dengan tangan kanan.

" Kalau dikasih barang ke tangan kanan biasanya dipindahin ke tangan kiri buat diobservasi abis itu masuk mulut pas masih di oral phase. Sekarang udah bisa diajarin makan pakai tangan kanan tapi yang lainnya boleh pakai tangan kiri kalau dia lebih nyaman," ungkap Caca.

 

Caca Tengker Ceritakan Awal Tahu Putri Pertamanya Kidal
Caca Tengker Dan Putrinya, Ansara/ Foto: Instagram @cacatengker
2 dari 6 halaman

Ansara Ungkap Merasa Capek

Rupanya saat masih berusia sekitar 2 tahun, Caca kerap meminta Ansara untuk selalu menggunakan tangan kanannya saat beraktivitas, terutama saat makan. Lucunya, Ansara menjawab kalau tangan kanannya capek.

 Ansara© Instagram @cacatengker

" Jadi inget waktu kecil (sekitar usia 2 tahunan) Mba Ansara kalau disuruh belajar makan pakai tangan kanan bilangnya “ Capek tangan kanannya”. Hihihihi. Lucu ya sudah bisa beralasan dan mengungkapkan alasannya. Artinya cara berpikirnya sudah lebih maju. Dan memang benar sih, rasa capek itu kan memang seperti rasa lemah, memang kekuatan tangan kanannya tidak sebesar kanan kirinya jadi menurut Mba Ansara itu capek," tulis Caca.

Sahabat Dream, mungkin punya pengalaman juga yang sama seperti Caca Tengker? Tak perlu memaksa anak yang memang kidal untuk selalu menggunakan tangan kanannya, karena memang tangan kirinya lebih dominan. Cukup ajarkan untuk selalu makan dan bersalaman dengan tangan kanan.

 

3 dari 6 halaman

Lucunya Putri Caca Tengker Jadi Kaleng Kerupuk

Dream - Keluarga Caca Tengker dan Barry Tamin, rupanya membuat pesta kostum dalam rangka Halloween. Momen keseruan tersebut diunggah adik dari Nagita Slavina itu di akun Instagramnya @cacatengker.

Pesta kostum tampaknya digelar di lingkungan tempat tinggalnya. Caca dan sang suami pun menggunakan kostum lucu, termasuk dua anaknya Ansara dan Aruni.

 Pesta kostum Caca Tengker© Instagram @cacatengker

" Nah ini dia foto keluarga di rumah lengkap dengan kostum jajanannya. Jadi ini ceritanya: Si Ayah @barry.tamin tukang jualan sate, sate pikulannya dibawain Cody. Ibunya jualan jamu, Mbanya jadi kaleng kerupuk, Adeknya jadi kerupuk aci, Sekian keriweuhan keluarga kami tanggal 30 Oktober 2021. Happy Halloweeeeen,"  tulis Caca di akun Instagramnya.

 Ansara kaleng kerupuk© Instagram @cacatengker

Hal yang paling mencuri perhatian adalah penampilan super gemas Ansara, putri pertama Caca dan Barry, yang menggunakan kostum kaleng kerupuk. Bocah lucu itu memang sangat suka warna biru, dan saat kostum biru ala kaleng kerupuk, Ansara begitu girang.

 

4 dari 6 halaman

Video 'Transformasi' Ansara Jadi Kaleng Kerupuk

Topi yang dikenakannya berbentuk seperti penutup kaleng. Saat Ansara bergerak, penutup kaleng pun terbuka. Sebuah video juga diunggah Caca memperlihatkan kostum kaleng Ansara. Duh, lucunya.

      View this post on Instagram

A post shared by Alsi Mega Marsha Tengker (@cacatengker)


Komentar pun bermunculan, sebagian besar gemas dengan penampilan Ansara. Seperti "aduh gak kuatt lucunya, Kirain beneran kaleng kerupuk". Lalu komentar lainnya "Sebagai kerupuk lovers gemeshhh bgttt liat nyaaa".

5 dari 6 halaman

Caca Tengker Bagikan Pengalaman Seru Putrinya Belajar di Rumah

Dream - Menghadirkan suasana belajar di rumah dalam situasi pandemi memang sangat menantang bagi orangtua. Terutama yang memiliki anak usia balita seperti Caca Tengker, adik dari Nagita Slavina.

Ibu dua anak perempuan yang super gemas ini membagikan pengalamannya mendampingi Ansara, putri pertamanya belajar di rumah. Ia memang memiliki latar belakang pendidikan S2 psikologi.

Menurutnya belajar di rumah bisa dilakukan anak dengan banyak cara. Salah satunya dengan 'menulis' di wajah sendiri yaitu dengan makeup seperti yang dilakukan Ansara.

 Ansara© caca tengker

" Mba Ansara mau dandan, mau jadi chef, mau makan, mau nyobain semuanya. Ibu suka sekali Mba Ansara pilihan warna eyeshadownya. Dan menurut Ibu Mba Ansara juga hebat udah bisa gambar alis di garisnya. Pakai blush on juga on point! Ginilah belajar di rumah selama pandemi, bisa sambil melakukan kegiatan yang bikin anak tertarik sehari-hari," tulis Caca di akun Instagram resminya.

 

 

6 dari 6 halaman

Biarkan Anak Eksplorasi

Rasa bosan anak memang kerap muncul. Jika sudah mulai bosan menggambar atau menulis di kertas atau papan tulis, tak masalah jika anak bermain makeup, tapi pastikan ia tak alergi atau memang makeup khusus anak-anak.

Warna-warna makeup yang cerah memang sangat menarik perhatian anak-anak. Penting untuk membiarkan anak mengeksplorasi.

 Caca Tengker© Caca Tengker

" Kalo anak bosan tracing di kertas? Tracing alisnya sendiri juga bisa. Lebih menyenangkan dan memuaskan buat anak kalau mereka diperbolehkan mengeksplorasi berbagai media yang diinginkan,"  pesan Caca.

Join Dream.co.id