Buat Suasana Mengaji yang Seru Selama di Rumah

Ibu Dan Anak | Minggu, 19 Juli 2020 10:22
Buat Suasana Mengaji yang Seru Selama di Rumah

Reporter : Mutia Nugraheni

Mengaji tak boleh ditinggalkan meski dalam situasi seperti sekarang.

Dream - Ilmu agama adalah dasar pendidikan utama bagi anak-anak. Mengenalkan adab, membentuk akhlak, mengajarkan Alquran dan beribadah yang baik harus dimulai dari rumah. Untuk itu, buatlah rumah menjadi sumber pendidikan utama bagi anak.

Saat pandemi seperti sekarang, anak-anak hanya boleh di rumah saja. Mereka yang biasa mengaji di Taman Pendidikan Alquran (TPA) tak bisa melakukannya karena pandemi. Orangtua pun harus turun tangan, bukan hanya mendampingi sekolah online tapi juga mengajar mengaji.

Mengaji tak boleh ditinggalkan meski dalam situasi seperti sekarang. Orangtua harus turun tangan lebih aktif agar anak menjadi saleh dan saleha. Bagaimana caranya?

Uqoy Batul Fazariyah S.pd.I atau akrab disapa Kak Uqoy pendiri Ka Uqoy Private, guru mengaji anak-anak Zaskia Mecca, Ayu Dewi, BCL, berbagi trik kepada orangtua untuk membuat suasana mengaji di rumah tetap menyenangkan bagi anak dalam acara Ngobras di Live Instagram Dream.co.id, Jumat 17 Juli 2020.

 

2 dari 4 halaman

Awali dengan Niat

Menurut guru mengaji anak-anak dari Zaskia Mecca ini, orangtua harus memiliki niat yang konsisten. Setelah itu, manfaatkan barang di rumah seperti kertas warna, makaroni atau mainan agar anak-anak tertarik untuk mendengarkan.

" Masuk dulu ke dunianya anak-anak. Misalnya seperti membuat gambar bangau dari tangan anak, lalu tempel kacang hijau atau makaroni. Nah, sambil anak tempel-tempel, kita ajarkan doa, kalimat thayyibah dan lainnya," kata Kak Uqoy.

 Kak Uqoy
© Instagram

(Kak Uqoy dan muridnya/ Foto: Instagram Kak Uqoy Private)

Menurutnya, suasana mengaji tak bisa dibuat kaku dan tegas seperti dulu. Dengan ajaran yang kaku atau ditakut-takutin.

" Mengaji zaman dulu dan sekarang tak bisa disamakan, Ali bin Abi Thalib sudah mengingatkan, didiklah anakmu sesuai zamannya. Kalau sekarang dipaksakan kayak dulu ya gak bisa," kata Kak Uqoy.

 

3 dari 4 halaman

Kreativitas

Untuk anak usia di bawah lima tahun, aktivitas mengaji tak bisa dibuat kaku. Orangtua bisa mencari referensi aktivitas bermain sambil belajar mengaji yang mudah diterapkan di rumah. Bisa melalui gambar atau nyanyian.

" Buatlah mengaji jadi sesuatu yg bikin mereka happy, itu akan lebih melekat," kata Uqoy.

Ada kalanya anak-anak sulit berkonsentrasi atau malas-malasan. Menurut Kak Uqoy, hal ini sangat wajar, namun kita sebagai orangtua harus konsisten untuk mencari cara agar anak tetap belajar dengan cara lain.

" Kesulitan apapun, jika belajar mengaji dan Alquran, selama kita punya niat yang besar saya percaya Allah pasti akan buka jalan," pesan Kak Uqoy.

 

4 dari 4 halaman

Lihat selengkapnya wawancara dengan Kak Uqoy

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid) on

Join Dream.co.id