Buah Hati Tanya Soal Teman Non Muslim, Beri Penjelasan Ini

Ibu Dan Anak | Rabu, 8 Desember 2021 10:07

Reporter : Mutia Nugraheni

Ceritakan keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Dream - Tinggal di Indonesia berarti anak-anak akan bertemu dengan banyak orang berlatar belakang agama yang berbeda. Memang, Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia tapi anak juga butuh diajarkan untuk bertoleransi dengan umat agama lain.

Terutama pada anak-anak yang sejak dini bersekolah di sekolah yang semua muridnya beragama Islam. Saat bertemu atau berteman dengan anak beragama lain dengan ritual berdoa yang berbeda, anak mungkin akan bingung dan banyak bertanya.

Saat anak bertanya soal pertemanan dengan non muslim, dikutip dari BincangMuslimah.com, sebaiknya jelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW juga bersahabat dengan umat beragam lain.

Misalnya, Rasulullah berteman baik dengan Raja Habasyah, seorang Kristiani dari Ethiopia. Nabi Muhammad SAW juga memerintahkan anak perempuannya, Ruqayyah dan suaminya, Ustman bin Affan serta beberapa sahabat lainnya untuk hijrah ke Habasyah dan meminta perlindungan kepada Raja Habasyah.

 

Buah Hati Tanya Soal Teman Non Muslim, Beri Penjelasan Ini
Anak Berteman/ Foto: Shutterstock
2 dari 5 halaman

Paman Nabi Muhammad SAW

Begitu juga hubungannya dengan sang paman, Abu Thalib. Dalam sejarah, Abu Thalib termasuk orang yang pertama menemani perjuangan Nabi. Abu Thalib juga yang merawat Nabi sejak kecil.

Abu Thalib meninggal dalam keadaan belum memeluk Islam. Ia masih menganut kepercayaan kaum Quraish Mekah. Lantas apakah Nabi membencinya? Tak mau bersahabat dengannya? Tidak. Nabi begitu cinta dan kasih pada pamannya itu. Sekalipun ia seorang non muslim.

Anak perlu mendengarkan cerita teladan Nabi Muhammad SAW dalam menjalin hubungan dengan non muslim. Hal ini diharapkan berkembang menjadi modal untuk membantuk akhlak yang baik dan sikap toleransi.

Selengkapnya baca di sini.

3 dari 5 halaman

Keutamaan Terus Doakan Anak Saat Sedang Kesal

Dream - Berdoa biasanya kita lakukan setelah selesai solat, padahal bisa dilakukan kapan saja. Terutama ketika mendoakan buah hati tercinta. Ustazah Ninih Muthmainnah dalam akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah mengingatkan para orangtua untuk mendoakan anak kapan saja.

" Mendoakan anak dan pasangan tidak harus setelah solat. Dalam banyak kesempatan kita bisa mendoakan mereka. Saat memandangnya, doakan mereka. Bahkan saat sedang kesal, doakan kebaikan bagi mereka," tulisnya.

Teh Ninih mengingatkan bahkan saat sedang kesal, terus doakan kebaikan bagi anak. Semakin banyak kita berdoa, semakin banyak pahala didapatkan dan semakin besar pula peluang untuk dikabulkan Allah SWT.

" Sesungguhnya, di antara doa yang akan dikabulkan Allah adalah doanya orangtua kepada anak-anaknya, doanya seorang istri atau suami kepada pasangannya, dan doanya seseorang secara rahasia (tanpa diketahui oleh orang yang didoakan)," pesannya.

Sedahsyat itu kekuatan doa ibu dan ayah untuk anak-anaknya. Usahakan berdoa meminta dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT untuk selalu melindungi buah hati kita dari hal buruk dan yang tak disukai Allah SWT.

4 dari 5 halaman

Selalu Bacakan 3 Surah Ini ke Buah Hati Jelang Tidur

Dream - Doa-doa tulus orangtua untuk buah hatinya, Insyaallah dikabulkan oleh Allah SWT. Untuk itu jangan lelah untuk selalu melantunkan doa dan mengajarkan surah-surah pada anak tercinta.

Ustazah Ninih Muthmainnah, atau akrab disapa Teh Ninih mengingatkan orangtua untuk selalu membacakan tiga surah pendek jelang buah hati tidur malam hari. Surah tersebut adalah Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas.

 Teh Ninih© Instagram @ninihmutmainah

" Tiga surat pendek yang dahsyat fadilahnya. Siapa membacanya dengan sepenuh kesungguhan dan keyakinan, dia bisa menjadi perisai bagi seorang hamba dari aneka malapetaka, termasuk dari godaan setan," ungkap Teh Ninih dalam akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah.

5 dari 5 halaman

Tiupkan ke Telapak Tangan dan Usapkan

Teh Ninih menjelaskan, Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk membacanya menjelang tidur. Setelah itu meniupkannya pada kedua telapak tangan lalu mengusapkannya ke seluruh bagian tubuh sebanyak tiga kali (HR Al-Bukhari dan Muslim).

" Untuk melindungi anak kita dari gangguan setan atau makhluk lainnya, sebelum dia tidur atau setelah dia tidur, bacakan untuknya Al-Ikhlas dan Al-Mu'awwidzatain (dua surat perlindungan, yaitu Al-Falaq dan An-Nâs), tiupkan ke tangan lalu usapkan ke seluruh tubuhnya," pesan Teh Ninih.

Ayah bunda, jangan lelah untuk terus mendoakan kebaikan kepada pada anak. Menurut Teh Ninin, InsyaAllah, Zat Yang Mahakuasa akan mengabulkan doa-doa orangtua untuk anaknya.

Join Dream.co.id