Bikin Haru, Momen Technical Lead Covid-19 WHO Temui Anak Hanya Lewat Kaca

Ibu Dan Anak | Jumat, 12 November 2021 14:06

Reporter : Mutia Nugraheni

Maria Van Kerkhove adalah seorang epidimiolog WHO yang bekerja keras sejak awal pandemi.

Dream - Seluruh tenaga kesehatan, peneliti dan orang-orang yang bekerja langsung menangani pandemi Covid-19, sangat berisiko tertular. Bukan hanya mengancam kesehatan pribadi, tapi juga keluarga.

Mereka bertaruh nyawa untuk melakukan pekerjaannya, demi menekan penularan Covid-19 serta mengatasi pandemi. Tak mudah memang, karena pekerjaannya bukan hanya menguras fisik tapi juga mental.

Maria Van Kerkhove, seorang ahli epidemiologi, yang merupakan Technical Lead Covid-19 WHO mengungkapkan pengalamannya bekerja selama pandemi. Perempuan 44 tahun sejak awal virus Covid-19, sudah harus melakukan perjalanan ke China untuk melakukan penelitian.

 Maria Van Kerkhove© Twitter

Lewat wawancara dengan Melissa Fleming, Kepala Komunikasi Global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Maria mengungkap kalau dirinya juga merasa takut. Sebagai ibu, dirinya juga harus terpisah dengan sang anak demi keamanan.

 

Bikin Haru, Momen Technical Lead Covid-19 WHO Temui Anak Hanya Lewat Kaca
Maria Van Kerkhove/ Foto: Instagram Melissa Fleming
2 dari 2 halaman

Anak Merasa Takut Sang Ibu Tak Kembali

“Ketika saya pergi ke China pada Februari 2020… dia [anak saya] sangat ketakutan. Jadi, dia pikir saya tidak akan pulang dan saya pikir segalanya berubah untuknya. Anda tahu, itu adalah virus baru yang misterius. Semuanya dimatikan. Orang-orang takut, ada sifat tidak menyenangkan tentang hal itu dan dia pikir saya tidak akan pulang. Jadi, baginya, itu benar-benar menakutkan” kata Maria.

      View this post on Instagram

A post shared by United Nations (@unitednations)

Maria juga membagikan foto pribadinya saat ia bertemu dengan Miro, putranya lewat pembatas kaca pada April 2021 lalu. Momen ini begitu menyentuh banyak orang. Melihat kerja keras para epidemiolog dunia mengorbankan diri dan keluarga selama pandemi.

Join Dream.co.id