Biasakan Hal Ini Demi Si Balita Tumbuh Jadi Remaja Berkepribadian Baik

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  5 Maret 2021 14:04

Pola komunikasi dan pengasuhan kita sejak dini akan membentuknya menghadapi masa remaja.

Reporter : Mutia Nugraheni

3. Bantu mereka mengatasi kecemasan

Bagaimana kita berinteraksi dengan balita sekarang sebenarnya dapat memberi mereka alat untuk mengatasi stres di tahun-tahun mendatang. Dalam satu studi jangka panjang, Kristin A. Buss, Ph.D., kepala departemen psikologi di Penn State, menunjukkan situasi pada anak usia 2 tahun saat pertunjukan boneka atau laba-laba kendali jarak jauh.

Mereka yang ketakutan selama pertunjukan boneka ternyata paling berisiko mengalami kecemasan saat remaja. Jika anak menjadi salah satu pengisi acara di pertunjukan boneka, reaksi alami orangtua mungkin adalah menjauhkan mereka dari situasi yang menakutkan.

"Menjadi terlalu protektif, dapat membuat lebih banyak lintasan kecemasan di otak anak dan bukan bukan mengurangi. Anak seperti mendapat pesan bahwa mereka tidak dapat mengatasinya sendiri," kata Buss.

Sebaliknya, bantu tenangkan mereka. Caranya, pegang lembut tangannya dan pandu mereka kembali ke penyebab stres, dengan mengatakan, "kakak/ adik bisa melakukan ini". Jika anak-anak telah belajar bagaimana menangani kecemasan sejak mereka masih kecil, mereka memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melakukan transisi yang mulus ke masa remaja.

Fimela with Barry X iStyle | Iftar Makeup Look Tutorial
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :