Biasakan Hal Ini Demi Si Balita Tumbuh Jadi Remaja Berkepribadian Baik

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  5 Maret 2021 14:04

Pola komunikasi dan pengasuhan kita sejak dini akan membentuknya menghadapi masa remaja.

Reporter : Mutia Nugraheni

1. Buat hierarki aturan

Anak-anak kecil umumnya berasumsi bahwa jika Ayah atau Ibunya mengatakan hal tertentu maka harus dilakukan meskipun tak mau. Sebaliknya, pada remaja yang sedang membentuk kemandirian, mereka cenderung mempertanyakan dan seringkali menolak aturan.

"Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi masih ada beberapa hal yang harus dilakukan (atau tidak boleh dilakukan), dan ini membantu anak remaja tetap sejalan jika orangtua menetapkan bahwa beberapa aturan tidak dapat diperdebatkan," ujar Ginsburg, dikutip dari Parents.

Saat anak masih kecil, jelaskan bahwa masalah kesehatan dan keselamatan tidak bisa dinegosiasikan. Misalnya, saat keluar rumah harus pakai masker, di mobil pakai seatbelt.

Saat mereka remaja, sistem ini menjadi lebih penting. Keselamatan diri dan orang lain tak bisa diperdebatkan. Bila memang anak memiliki argumen coba dengarkan. Misalnya ketika anak ingin mewarnai rambut dengan warna merah, tapi kita tak suka. Mungkin hal itu bisa dilakukan saat libur sekolah karena aturan di sekolah tak memperbolehkan.

 

Selanjutnya : 2. Percayalah bahwa mereka mendengar orangtua
Fimela with Barry X iStyle | Iftar Makeup Look Tutorial
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Muhasabah bersama Ustaz Erick Yusuf
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :