Belajar Konsekuensi Bikin Buah Hati Lebih Disiplin

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  9 April 2020 12:02

Hukuman biasanya jadi 'senjata' andalan orangtua, tapi sebenarnya ada yang lebih efektif dan mengena bagi anak, yaitu konsekuensi.

Reporter : Mutia Nugraheni

Energi positif

Ciptakan suasana positif yang mendukung proses belajar mengajar. Orangtua sangat berperan penting untuk menciptakan suasana rumah yang positif bagi kegiatan belajar dan mengajar.

Orangtua dapat mendampingi anak saat anak belajar online, mengerjakan tugas dari sekolah atau belajar mandiri. Kehadiran orangtua dalam proses pendampingan belajar mengajar merupakan sebuah energi positif penambah semangat belajar bagi anak.

Terapkan aturan 

Aspek kedisiplinan juga sangat penting diberlakukan di rumah. Terapkan "aturan main" untuk proses belajar mengajar di rumah. Misalnya, jam berapa anak harus mulai belajar, istirahat, melanjutkan belajar, makan dan beribadah.

"Diskusikan dengan anak tentang pembagian waktu tersebut dan konsekuensi terbaik apa yang bisa diterapkan bersama. Dengan adanya pemberlakuan disiplin ini, harapannya akan kegiatan belajar mengajar bisa terjadwal dan rutin," ujar Yulina.

 

Wajib Tahu! Ini Kiat Merawat Kulit Anak Agar Sehat dan Halus
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :