Belajar Konsekuensi Bikin Buah Hati Lebih Disiplin

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  9 April 2020 12:02

Hukuman biasanya jadi 'senjata' andalan orangtua, tapi sebenarnya ada yang lebih efektif dan mengena bagi anak, yaitu konsekuensi.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dampingi Buah Hati Belajar di Rumah, Orangtua Jangan Stres

Dream - Masa-masa pandemi seperti sekarang mau tak mau membuat orangtua juga merangkap guru di rumah. Sejumlah tugas dan pekerjaan rumah dari sekolah, diberikan pihak sekolah agar anak tetap belajar meskipun berada di rumah.

Periode belajar di rumah sudah berjalan tiga pekan, dan tampaknya bakal diperpanjang hingga Mei 2020 mendatang. Untuk itu, ayah dan bunda harus mempersiapkan diri. Memang tidak mudah, diperlukan strategi positif agar proses belajar mengajar di rumah dapat berjalan efektif.

Dr. Yulina Eva Riany, SP, MEd, dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University memberikan beberapa tips sederhana untuk mendampingi anak belajar di rumah. Yuk simak ayah bunda.

Suasana aman dan nyaman

Suasana rumah yang nyaman saat kegiatan belajar mengajar dilakukan adalah kunci utama efektifnya proses belajar. Sehingga, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kondisi rumah senyaman mungkin bagi anak untuk belajar.

"Misalnya, tidak ada suara televisi, musik keras atau percakapan yang lantang saat anak sedang bersiap untuk belajar atau sedang belajar," kata Yulina, dalam rilis yang diterima Dream.

 

 

Selanjutnya : Energi positif
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :