Belajar di Rumah Lebih Menyenangkan, Ajak Anak Membuat Jadwal

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  26 Agustus 2020 12:03

Pastikan anak terlibat dalam perencanaan belajar di rumah.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Belajar di rumah masih terus dilakukan karena pandemi Covid-19. Tentunya pembelajaran jarak jauh sangat berbeda dengan belajar di sekolah. Inisiatif, disiplin dan situasi rumah akan sangat mempengaruhi kualitas belajar anak.

Dalam menjalankan kegiatan belajar dari rumah selama masa pandemi COVID-19 orangtua dan anak perlu bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan. Menurut Jovita Maria Ferliana, psikolog anak, remaja dan keluarga ada dua dari beberapa sinergi yang bisa dilakukan antara orangtua dan anak.

Dua sinergi itu termasuk menentukan jadwal dan aturan bersama serta diskusi ide kegiatan bersama. Jika anak masih berada di usia taman kanak-kanak (TK), orangtua boleh menetapkan aturan dan jadwal. Contohnya menentukan waktu bangun pagi, mandi, mempersiapkan pembelajaran di rumah, waktu bermain, istirahat, makan siang, olahraga dan sebagainya.

" Kita yang menetapkan jadwal kemudian kita tempel di dinding yang mudah dilihat oleh anak. Kalau anaknya belum bisa baca, jadwal bisa berupa gambar sehingga anak tahu jadwal,” kata Jovita dikutip dari Liputan6.com.

 

Selanjutnya : Rundingkan Bersama
Setahun Mutia Ayu Hidup Tanpa Glenn Fredly
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Setahun Mutia Ayu Hidup Tanpa Glenn Fredly
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :