Bacakan Buku dengan Kencang Bikin Anak Lebih Pintar

Baca buku untuk anak (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  11 Februari 2019 14:10

Kebiasaan orangtua membacakan buku dengan suara kencang akan menentukan prestasi anak di sekolah.

Reporter :

Dream - Membacakan buku untuk si kecil jadi hal yang sebaiknya rutin dilakukan orangtua. Hal ini akan sangat berdampak positif pada perkembangan kognitif dan kemampuan membaca anak kelak.

Biasakan untuk membaca buku dengan suara lantang dan seru pada si kecil setiap malam. Tanpa disadari, kebiasaan orangtua membacakan buku dengan suara kencang akan menentukan prestasinya di sekolah.

Berikut dampak membiasakan buku secara rutin dan lantang pada buah hati, seperti dikutip dari Happy Family.

Mendengar variasi kata yang lebih luas
Anak akan mendengar variasi kata yang lebih banyak dan luas. Mempelajari kata-kata baru, menggunakannya dalam sebuah kalimat dan mengembangkannya merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan anak usia balita.

Dengan membacakannya buku setiap hari, anak akan lebih mudah mempelajari kata-kata baru, begitu juga konteksnya. Hal ini akan sangat merangsang kemampuan berbahasa dan komunikasinya.

Dibutuhkan untuk perkembangan otak
Membacakannya buku dengan kencang seperti menumbuhkan otak anak anak. Semakin banyak dibacakan buku, maka semakin banyak neuron di otaknya akan tumbuh dan terhubung bersama. Membaca sangat penting untuk proses belajar. Jika anak terbiasa membaca, maka ia akan lebih mudah beradaptasi dalam menyerap pelajaran di sekolah dan ini berdampak langsung pada prestasinya di sekolah.

Konsentrasinya akan terlatih
Ketika orangtua membaca dengan keras, maka akan meningkatkan kemampuan anak untuk memperhatikan dan berkonsentrasi. Keterampilan ini akan sangat membantu anak di sekolah. Membacakan dengan suara keras kepada seorang anak bahkan dapat mengurangi kecenderungan sikap agresif pada anak.

Ma'ruf Amin Sebut Standar Halal Indonesia Jadi Contoh Dunia
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jokowi Klaim Masyarakat Makmur Berkat Dana Desa
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :