Asuh Generasi Alpha, Titi Kamal Punya Trik Khusus

Ibu Dan Anak | Kamis, 11 Juni 2020 16:10
Asuh Generasi Alpha, Titi Kamal Punya Trik Khusus

Reporter : Mutia Nugraheni

Bisa juga diterapkan oleh para orangtua milenial.

Dream - Generasi alpha merujuk pada generasi yang lahir setelah 2010 dan merupakan anak-anak yang lahir dari generasi milenial. Perkembangan teknologi serta borderless information membuat generasi ini bisa dengan mudah belajar melalui internet.

Kemampuan belajar dan adaptasinya sangat baik, karena perubahan teknologi, dalam segala bidang juga terjadi begitu cepat. Sebagai orangtua milenial, tentu mengasuh generasi alpha memiliki banyak tantangan.

 Titi Kamal, ibu dua anak, menyadari betul kalau anak-anaknya begitunya dekat dengan teknologi. Juna dan Kai sudah begitu akrab dengan penggunaan gadget dan bisa mengakses informasi dengan mudah.

" Tantangannya memang sangat besar ya, kita sebagai orangtua gak boleh gaptek, harus up to date. Selalu dampingin anak-anak. Kalau mamanya gak bisa, mungkin papanya. Kalau papanya juga gak bisa, mungkin minta tolong pengasuhan. Jangan sampai anak akses gadget dan internet sendiri tanpa ada pendamping, bisa berbahaya," kata Titi Kamal dalam Live Instagram Dream.co.id, pada 11 Juni 2020.

 

2 dari 2 halaman

Selalu Mendampingi

Ia juga bercerita kalau tak melarang anaknya bermain games atau mengakses aplikasi tertentu. Biasanya, ia dan sang suami Christian Sugiono, melihat dan memakai dulu aplikasi tersebut. Jika aman, maka bisa dimainkan oleh anak-anak. Ini termasuk tontonan di YouTube.

" Kita pernah punya pengalaman gak enak, tontonan di YouTube memang untuk anak, tapi iklan yang muncul gak sesuai untuk anak. Nah sejak itu kita selalu lihat dulu, pasang aplikasi pengontrol supaya bener-bener aman," ungkap Titi.

Menurut Titi, anak-anak generasi alpha ini begitu pintar dan cepat belajar serta beradaptasi. Ia dan Tian berusaha untuk tidak melarang anak-anak untuk mengakses teknologi dan internet, karena anak bisa belajar banyak dari hal.

" Mereka ini akan belajar banyak hal, tapi memang butuh didampingi, jadi kita yang harus tetap memegang kontrol. Tetap mengikuti anak kesukaannya apa, minatnya, tapi tetap di jalurnya. Seperti Juna yang suka dengan dengan akademik, Tian biasanya suka banget bikin eksperimen bareng. Usahakan untuk selalu mengarahkan ke hal positif yang bermanfaat," ungkap Titi.

Join Dream.co.id