Asuh Anak dengan Autisme di Inggris, Semangat Zahratul Jannah Menular

Ibu Dan Anak | Rabu, 19 Januari 2022 14:05

Reporter : Mutia Nugraheni

Mungkin bisa menjadi inspirasi bagi para orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Dream - Zahratul Jannah, seorang hijab influencer, sudah sejak beberapa tahun terakhir tinggal di Inggris. Ia mengikuti suaminya, Bayuningrat yang seorang dosen untuk menyelesaikan pendidikan di negeri Ratu Elizabeth itu.

Memboyong tiga anak lelakinya ke Inggris, Zahra kerap membagikan aktivitas sehari-hari di akun Instagram @zahratuljannah. Satu hal yang sangat menginspirasi adalah semangat Zahra yang berusaha jadi ibu terbaik bagi buah hatinya di lingkungan yang sangat jauh berbeda dari Indonesia.

 Keluarga Zahra dan Bayu© Instagram @zahratuljannah

Terutama dalam mengasuh anak keduanya, Mikail Azka, yang berkebutuhan khusus. Dari diagnosis dokter, Mika mengalami SPD (sensory processing disorder) dan autisme.

Lewat beberapa unggahan, Zahra mengungkap proses kemajuan Mika. Termasuk dukungan dari keluarga serta lingkungan dalam mengurus Mika. Semangatnya begitu menular, mungkin bisa jadi inpirasi bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK).

Tetap Bergaul

 Zahra dan Mika© Instagram @zahratuljannah

Selama di Inggris, Mikail sekolah dan bergaul dengan teman-temannya. Mungkin cara berkomunikasinya tak seperti anak kebanyakan, tapi dukungan guru dan lingkungan membuat Mika jadi anak mudah bergaul.

" My #middlelove, Mika lagi seneng banget main sama temen-temen di sekolah sampe dapet award “ Making new friends”. Kalo pagi-pagi sampe di sekolah, ngga mau dianter sama ayah dan abangnya ke kelas, maunya bareng temen-temen," tulis Zahra dalam salah satu unggahannya.

Asuh Anak dengan Autisme di Inggris, Semangat Zahratul Jannah Menular
Zahratul Jannah Dan Putra Keduanya, Mikail/ Foto: Instagram @zahratuljannah
2 dari 4 halaman

Kakak Malik yang Perhatian

 Malik Mikail© Instagram @zahratuljannah

Beruntung Mikail memilliki kakak lelaki yang begitu melindunginya. Anak pertama Zahra dan Bayu, bernama Malik sangat perhatian dengan Mika sampai membuat orangtuanya 'meleleh. Sang kakak sangat mengerti kondisi adiknya yang istimewa.

" My darlings 🤗 abang yang aware banget kalo adiknya spesial, yang selalu bilang “ nanti malik yang jaga mika sampai tua kalo ayah bunda udah ngga ada” :’) semoga Allah menjaga kalian selamanya 🤗," tulis Zahra menceritakan kehangatan keduanya.

3 dari 4 halaman

Guru Terbaik

 Mikail© Instagram @zahratuljannah

Bagi Zahra dan Bayu, kehadiran Mikail dalam keluarga merupakan anugerah yang luar biasa. Mereka jadi belajar banyak soal kehidupan. Mika menurut Zahra adalah guru terbaik bagi kehidupannya.

4 dari 4 halaman

Penuh Tantangan

 Keluarga Bayu dan Zahratul© Instagram @zahratuljannah

Zahra juga mengungkap dirinya kerap mengalami kesulitan menghadapi Mikail. Terutama ketika ia tak bisa mengerti apa yang diinginkan putranya, walau demikian dengan cinta ia tetap berusaha.

" Ada hari di mana aku tak mengerti apa yang kamu inginkan. Ada hari di mana kesabaranku begitu tipis. Banyak hari di mana hatiku patah melihat kamu sedang berusaha keras. Tapi tak ada hari di mana aku tidak bangga padamu. Kamu mengajarkanku kalau CINTA tak butuh kata-kata. Autisme memang sulit, tapi mencintaimu adalah hal yang mudah," ungkap Zahra.

 

Join Dream.co.id