Asah Kemampuan Mengasuh Buah Hati, Ayah Bunda Bisa Lakukan Ini

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  16 September 2020 14:03

Kesalahan pengasuhan bisa berdampak signifikan pada kondisi psikologis anak, bukan hanya saat ini tapi kelak saat ia dewasa.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Tak ada sekolah khusus untuk mengasuh anak, padahal menjadi orangtua adalah pekerjaan seumur hidup. Kesalahan pengasuhan bisa berdampak signifikan pada kondisi psikologis anak, bukan hanya saat ini tapi kelak saat ia dewasa.

Waktu yang orangtua habiskan dengan anak sangatlah berharga. Seiiring pertambahan usia anak, idealnya kemampuan kita menjadi orangtua semakin baik. Kuncinya adalah mau belajar dan mengasahnya secara aktif.

Bagaimana caranya? Coba ayah bunda agar pengasuhan semakin baik, komunikasi dengan anak berkualitas, lakukan hal-hal berikut.

Dengarkan Anak Secara Aktif
Pernahkah ayah bunda sangat sibuk sampai tidak menyadari bahwa anak-anak sedang mengajak berbicara? Hal ini mungkin sering terjadi terutama jika sedang menyelesaikan pekerjaan.

Namun pastikan sesering mungkin dengarkan anak secara aktif. Berikan hati, telinga, dan fokus ayah bunda untuk mendengarkannya. Tanya apa yang mereka takuti, dan apa yang mungkin mereka cemaskan. Jangan pernah berhenti mengajukan pertanyaan kepada anak, meski mereka mengabaikannya.

Kita dapat meningkatkan kemampuan mendengar dengan cara berlutut saat berbicara, dan sejajarkan dengan tinggi anak. Lakukan juga kontak mata untuk menangkap ekspresi emosinya.

 

 

Selanjutnya : Patuhi aturan yang dibuat bersama
Cara untuk Kurangi Risiko Penularan Covid-19 saat Liburan
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Eksklusif! Ical DA, Percaya dengan Alat Makan Sendiri
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :