Anjuran Syekh Mesir Bagi Orangtua Agar Buah Hati Mencintai Rasulullah

Ibu Dan Anak | Rabu, 8 September 2021 12:04

Reporter : Mutia Nugraheni

“Kamu mesti membuatnya hidup dengan perasaan penuh cinta yang mendalam kepada Baginda Nabi".

Dream - Sebaik-baiknya teladan bagi umat muslim adalah Nabi Muhammad SAW. Sejak kecil kita didengarkan berbagai salawat yang berisi pujian dan diingatkan ajaran-ajaran baik dari Rasulullah.

Lantunan salawat tersebut biasanya juga sangat disukai anak-anak. Memperdengarkan salawat pada buah hati sejak kecil adalah salah satu cara efektif membuat anak mencintai Nabi Muhammad SAW.

Maulana Syekh Yusri Rusydi Gabr al-Hasani, seorang hafizhahullah asal Mesir mengingatkan bahwa perangai anak adalah hasil didikan kedua orangtua. Penting bagi ayah dan bunda untuk membuat anak mengenal Nabi Muhammad dan mencintainya.

“ Kamu mesti membuatnya hidup dengan perasaan penuh cinta yang mendalam kepada Baginda Nabi,” ujar beliau.

Syekh Yusri membagikan cara menumbuhkan kecintaan anak kepada Nabi Muhammad SAW. Apa saja?

1. Cerita tentang Nabi Muhammad SAW
Bacakan cerita tentang Nabi Muhammad, terutama semasa Rasul kecil. Anak-anak sangat suka cerita tentang Nabi, terutama ketika Rasul menyayangi binatang, peduli dengan orang di sekitar, dan cintanya yang begitu besar pada anak-anak. Dengan begitu buah hati merasa dekat dengan Nabinya. Bisa membca sirah Rasulullah setiap hari, buku yang diserta ilustrasi dan warna menarik bagi anak-anak.

 

Anjuran Syekh Mesir Bagi Orangtua Agar Buah Hati Mencintai Rasulullah
Ilustrasi
2 dari 7 halaman

2. Lantunkan salawat dan jelaskan arti serta manfaatnya

Seperti yang selalu diajarkan para ulama, lantunkan salawat sejak anak kecil, bahkan saat masih dalam kandungan. Dengan begitu anak terbiasa mendengar puji-pujian untuk Rasulullah dan senantiasa mengenalnya. Jelaskan juga arti salawat dan manfaat membacanya setiap hari. Seperti mendapat ketenangan, dekat dengan Rasulullah serta kelak mendapat syafaat.

3. Bergaul dengan orang saleh/saleha
Pergaulan berdampak sangat penting bagi tumbuh kembang dan akhlak anak. Untuk itu usahakan agar anak selalu bergaul dengan orang-orang saleh. Penting untuk mengawasi pergaulan anak karena seringkali remaja terjerumus pergaulan yang tidak baik. Membuat mereka menjauh dari agama dan tak mengenal Nabinya.

 

3 dari 7 halaman

4. Berziarah ke makam wali

Bawalah anak ke makam para wali yang bisa didatangi. Termasuk juga mendatangi ulama dan guru.

“ Boleh jadi, anak-anak kalian mendapat belaian dan doa dari para wali yang saleh, sehingga berguna bagi mereka seumur hidup,” ujar Syekh Yusri.

5. Orangtua rajin salat malam
Selalu laksanakan salat wajib, termasuk salah sunah dan salat malam. Anak-anak akan melihat, menanyakan dan mengikutinya. Jelaskan pada anak kalau salat tersebut dicontohkan Rasulullah, baik saat beliau sedang sakit, sehat, senang, maupun gundah. Salat adalah penolong utama.

Selengkapnya baca di Sanadmedia.

4 dari 7 halaman

Tiru Cara Nabi Muhammad Membahagiakan Anak Kecil

Dream - Melihat anak-anak dalam situasi pandemi seperti sekarang tak bisa bebas bermain tentunya membuat kita sedih. Sebagai orangtua tentu kita ingin melihat senyum dan keceriaan di wajah anak-anak.

Mendengar gelak tawa anak memang bisa menularkan kebahagiaan. Penting untuk selalu berusaha membahagiakan anak karena hal ini dicontohkan Rasulullah SAW. Saat bertemu anak, Nabi Muhammad senantiasa bercanda dan mengajarkan banyak hal.

Dikutip dari Instagram Ustazah Ninih Muthmainnah @ninih.muthmainnah, bagi orangtua yang selalu membahagiakan anak, maka bisa memberikan pengaruh besar dan anak pun mudah menurut. Terutama ketika mengajarkan hal-hal baik.

Apa saja yang dilakukan Rasulullah SAW pada anak kecil, anak para sahabat, dan cucu-cucunya untuk membahagiakan mereka? Berikut teladan beliun yang bisa dicontoh para orangtua untuk membahagiakan anak-anaknya selama di rumah.

- Menyambut kedatangan anak-anak
- Mencium dan mencandai mereka
- Mengusap kepala
- Menggendong dan menimang
- Memberi makanan
- Makan bersama mereka
- Menghiburnya di kala sedih
- Mengajaknya bermain
- Memberikan pujian

5 dari 7 halaman

Nabi Muhammad Ingatkan Orangtua Ajarkan Adab Pada Anak

Dream - Rasulullah SAW selalu mengajarkan pada umat Islam akan pentingnya adab. Adab merupakan norma atau aturan mengenai sopan santun yang didasarkan atas aturan agama Islam.

Bukan hanya mengajarkan sopan santun, tapi juga bersikap dan membangun karakter agar menjadi seorang muslim yang baik.

Untuk itu, orangtua diwajibkan menjadi teladan dalam mengajarkan akhlak yang baik pada anak-anaknya. Memberi contoh bagaimana bersikap, tidak egois, membantu orang lain, termasuk bagaimana bersikap menjadi muslim dan muslimah yang baik sesuai tuntunan Nabi Muhammad.

Dikutip dari Bincang Syariah, dalam kitab Tanqihul Qaul, Syaikh Nawawi menyebutkan beberapa keutamaan mengajarkan adab pada anak. Pertama, mengajarkan adab merupakan perintah langsung dari Nabi Muhammad SAW. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Nabi SAW bersabda:

 Riwayat Anas Bin Malik© Bincang Syariah

Artinya: Hormatilah anak-anak kalian dan perbaikilah adab-adab mereka.

 

 

6 dari 7 halaman

Syafaat di Akhirat

Kedua, mendapatkan syafaat dari anak kelak di hari kiamat. Hal ini berdasarkan hadis yang bersumber dari Abu Dzar, bahwa Nabi SAW bersabda;

 

 Riwayat Abu Dzar© Bincang Syariah

Artinya: Wahai kaum muslimin, barangsiapa yang dikarunia rezeki anak oleh Allah, maka wajib baginya mengajarkan adab dan mendidik anaknya tersebut. Karena barangsiapa mendidik anak dan mengajarkan adab padanya, maka Allah akan memberikan rizeki syafaat padanya. Barangsiapa membiarkan anaknya bodoh, maka setiap dosa yang dilakukan anak akan ditimpakan padanya.

 

7 dari 7 halaman

Warisan Terbaik

Ketiga, warisan terbaik adalah mengajarkan adab pada anak. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Amr bin ‘Ash, bahwa Nabi Saw bersabda;

 Hadist warisan adab untuk anak© Bincang Syariah

Artinya: Tidak ada pemberian orang tua untuk anaknya yang lebih utama dibanding adab yang baik.

 

Penjelasan selengkapnya baca di sini

Join Dream.co.id