Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Anak Yatim Dimuliakan Allah SWT, Jangan Sampai Memakan Hartanya

Anak Yatim Dimuliakan Allah SWT, Jangan Sampai Memakan Hartanya Ilustrasi

Dream - Menjadi seorang yatim, yang tak lagi memiliki orangtua merupakan cobaan sangat besar bagi seorang anak. Apalagi ketika usianya masih sangat kecil di mana kehangatan, pengasuhan, dan bimbingan orangtua masih sangat dibutuhkan.

Anak yatim dalam Islam merupakan anak yang belum berusia baligh tapi ayahnya sudah meninggal dunia. Kedudukan anak yatim sangat dimuliakan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad sangat mencintai anak-anak yatim.

Dikutip dari DalamIslam.com, pernah dikisahkan suatu hari saat Idul Fitri Rasulullah SAW, keluar rumah untuk melaksanakan sholat, dan anak-anak kecil sedang bermain riang di jalanan. Tampak seorang anak kecil yang duduk menjauh dari kumpulan anak-anak yang sedang bermain.

Pakaian anak itu sangat sederhana dan ia tampak murung. Melihat anak tersebut Rasulullah segera menghampiri anak yang sendirian itu, dan bertanya kepadanya : “Nak, mengapa kau menangis? Engkau tidak bermain bersama anak-anak yang lainnya?”.

Anak kecil yang tidak mengetahui orang tersebut adalah Rasulullah SAW, menjawab, “Paman, ayahku telah wafat. Ia mengikuti Rasulullah SAW dalam menghadapi musuh disebuah pertempuran, tetapi ia gugur di medan perang tersebut".

Rasulullah SAW terus mendengarkan cerita anak tersebut. “Ibuku menikah lagi, ia memakan warisanku, peninggalan dari ayah. Sedangkan suami barunya mengusirku dari rumahku sendiri. Kini aku tidak memiliki apapun. Makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal. Aku bukan siapa-siapa. Dan hari ini aku melihat teman-temanku merayakan hari raya bersama ayah mereka lalu perasaanku dikuasai oleh nasib hampa tanpa ayah. Untuk itulah aku menangis".

Mendengar cerita anak tersebut, Rasulullah SAW segera mengusap kepala anak tersebut, dan berkata, “Nak, dengarkan baik-baik. Apakah kau mau bila aku menjadi ayah, Aisyah menjadi ibumu, Ali menjadi pamanmu, Fatimah menjadi kakakmu dan Hasan, Husein sebagai saudaramu?”.

Mendengar tawaran Rasulullah, anak tersebut seketika langsung menyadari bahwa orang tersebut adalah Rasulullah SAW. Lalu anak tersebut pun menerima tawaran Rasulullah dengan senang hati, dan sejak saat itu anak kecil tersebut telah menjadi anak angkat Rasulullah SAW.

Dari kisah tersebut, dapat kita ketahui bahwa Rasulullah amat menyayangi, mengasihi dan melindungi anak yatim. Islam sebagai agama yang sempurna mengajarkan kepada umatnya agar senantiasa berbuat baik kepada semua makhluk hidup, dan salah satunya adalah anak yatim.

Allah SWT selalu menganjurkan agar kita memelihara dan menyantuni anak yatim. Dalam sebuah hadits diriwayatkan, dari Sahl bin Sa’ad ra. berkata :

Rasulullah SAW. bersabda : “Aku dan orang yang memelihara anak yatim dalam surga nanti seperti ini.” Rasulullah SAW. mengisyaratkannya dengan mendekatkan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya. (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW. bersabda : “Sebaik-baik rumah kaum muslimin adalah rumah yang terdapat didalamnya anak yatim yang diperlakukan (diasuh) dengan baik, dan seburuk-buruknya rumah adalah yang didalamnya terdapat anak yatim tapi anak itu diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah)

 

Perkara yang Sangat Merusak

Dalam Islam telah dijelaskan betapa Allah dan Rasulullah memuliakan dan menyayangi anak yatim, lalu sebagai hamba Allah dan pengikut Rasulullah yang taat kita juga harus meneladani hal tersebut.

Allah SWT. dalam (QS. Al-Ma’un ayat 1-2) berfirman : “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka mereka itulah orang yang menghardik anak yatim.”

Maksud dari ayat tersebut menghardik anak yatim adalah yakni orang yang menolak dengan keras anak yatim dan tidak mau memberikan haknya. Termasuk berkata kasar dan membentak mereka sehingga membuat mereka sedih dan bercucuran air mata.

Lalu hukum memakan harta anak yatim sama saja dengan hukum menyakiti hati anak yatim, yaitu tidak diperbolehkan dan dosa. Rasululullah SAW. pernah bersabda : “Jauhilah oleh kalian tujuh perkara yang merusak,” dan salah satu diantara perkara yang Rasulullah sebutkan adalah “Memakan harta anak yatim.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam (QS. An-Nisa’ ayat 10) Allah SWT. berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk kedalam api yang menyala-nyala (neraka).”

Dalam ayat tersebut dikatakan bahwa orang yang memakan harta anak yatim maka ia diibaratkan seperti menelan api dan kelak akan dimasukan dalam neraka.

Azab Pedih

Dan dalam (QS. Al-An’am ayat 151-152) Allah SWT. berfirman : Katakanlah (Muhammad), “Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu. Jangan mempersekutukan-Nya dengan apa pun, berbuat baik kepda ibu bapak, janganlah membunuh anak-anakmu karena miskin. Kamilah yang memberi rezki kepadamu dan kepada mereka; janganlah kamu mendekati perbuatan yang keji, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi, janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu mengerti. Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, sampai dia mencapai (usia) dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak membebani seorang melainkan menurut kesanggupannya. Apabila kamu berbicara, bicaralah sejujurnya, sekalipun dia kerabatmu dan penuhilah janji Allah. Demikianlah Dia memerintahkan padamu agar kamu ingat.”

Dalam ayat tersebut disebutkan hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT. dan salah satunya adalah mendekati harta anak yatim. Seorang muslim dilarang mendekati harta anak yatim kecuali jika dia mendekatinya dengan cara dan tujuan yang bermanfaat bagi anak yatim tersebut. Misalnya untuk keperluan pendidikan anak tersebut dan untuk makan beberapa keperluan bersama yang sifatnya tidak berlebihan. Hal tersebut juga hanya boleh dilakukan sampai anak tersebut mencapai usia dewasa atau (baligh).

Telah disebutkan bahwa memakan harta anak yatim merupakan salah satu dosa yang tak terampuni oleh Allah SWT. Digambarkan juga melalui firmannya di dalam Al-Qur’an telah memberikan gambaran azab bagi orang yang memakan harta anak yatim. Oleh sebab itu, sebagai muslim yang baik dan takut kepada Allah, kita janganlah memakan harta anak yatim atau pun harta yang bukan menjadi hak kita. 

Selengkapnya baca di sini.

 

Hukum Membentak Anak Saat Menegur dalam Islam

Dream - Sikap anak-anak seringkali sangat menguras emosi orangtua. Terutama saat mereka berulah, tak mau mendengarkan atau tidak disiplin. Tanpa sadar kita sebagai orangtua menegurnya dengan suara tinggi, membentak, bahkan berteriak

Hal tersebut sebaiknya dihindari. Dalam Islam, orangtua diajarkan untuk menjadi teladan yang baik bagi anak. Dikutip dari DalamIslam.com, Sebagaimana nasihat Luqman Al Hakim kepada anaknya yang diabadikan dalam Alquran:

Luqman 19

Artinya: Dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai,” (Luqman: 19).

Maksudnya, janganlah berlebihan dalam berbicara dan janganlah meninggikan suara tanpa kebutuhan. Oleh karena itu, Allah berfirman (yang artinya): “Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.”

Berteriak pada anak menurut islam adalah dilarang. Diriwayatkan dalam hadits saat mengurus anak, orangtua seharusnya bisa bertindak seperti anak-anak ketika sedang bersama si kecil, orangtua harus lebih bisa memahami anak-anaknya dengan lebih baik.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda:

Tafsir Ibnu Katsir, 3/711

“Kalau kalian mendengar ayam berteriak (berkokok) maka berdoalah meminta nikmat kepada Allah. Namun, jika kalian mendengar suara keledai berteriak (meringkik) maka mintalah perlindungan kepada Allah, karena keledai tersebut sedang melihat setan,” tafsir Ibnu Katsir, 3/711.

 

Istigfar

Untuk menghindari membentak anak meski orangtua merasa kesal ketika mereka berulah, inilah beberapa cara yang bisa diterapkan:

1. Istighfar
Ketika berteriak kepada anak, itu tandanya anda berada dalam keadaan marah yang disebabkan oleh bisikan setan. Oleh karena itu pentinh untuk mencari perlindungan dari setan, seperti mengucapkan istighfar “Astagfirullahaladzim”.

Agar di jauhkan dari godaan setan. Sebagaimana di riwayatkan oleh atiyyah sa’di Nabi berkata:

“Kemarahan datang dari iblis, iblis dicipatakan dari api dan api padam hanya dengan air. Jadi ketika salah satu dari Kamu menjadi marah, dia harus melakukan wudhu,” (Abu Dawud).

 

Menjauh dan Duduk

2. Menjauh dari anak
Untuk sementara, jauhkan diri dari anak saat emosi sedang tinggi. Tenangkan diri lebih dulu, tarik napas panjang. Setelah emosi menurun, baru kemudian bicaralah dengan anak secara baik-baik.

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Tidaklah kelemah lembutan ada pada sesuatu kecuali akan menghiasainya dan tidaklah dicabut darinya melainkan akan memperjeleknya ” (HR. Muslim 2594 dari ‘Aisyah radhiallahu’anha)


3. Duduklah saat berbicara
Faktanya saat berdiri membuat orangtua akan lebih mudah marah. Untuk mencegah hal-hal seperti itu, sebaiknya lekas duduk ketika berbicara kepada anak-anak, ini juga bagian dari sunnah.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) beliau bersabda dalam satu hadis:

“La taghdob walakal Jannah (janganlah marah maka bagimu surga).”

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim, Salah Satunya Bisa Dekat dengan Nabi Muhammad SAW di Surga Kelak

5 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim, Salah Satunya Bisa Dekat dengan Nabi Muhammad SAW di Surga Kelak

Cara memuliakan anak yatim adalah dengan mengangkat harkat dan martabat hidup mereka dari penderitaan.

Baca Selengkapnya
8 Doa agar Anak Dijaga Allah SWT Tulisan Arab, Latin, beserta Artinya yang Wajib Diamalkan Orang Tua!

8 Doa agar Anak Dijaga Allah SWT Tulisan Arab, Latin, beserta Artinya yang Wajib Diamalkan Orang Tua!

Doa yang diucapkan untuk anak adalah bentuk cinta dan perhatian dalam mendidik anak agar selalu dalam lindungan Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Yuk Amalkan Setiap Hari! Inilah 10 Doa di Bulan Ramadan yang Bisa Meningkatkan Pahala Kamu

Yuk Amalkan Setiap Hari! Inilah 10 Doa di Bulan Ramadan yang Bisa Meningkatkan Pahala Kamu

Berdoa selain diperintahkan dilakukan pada hari-hari biasa, di bulan Ramadan justru seharusnya semakin ditingkatkan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Agar Anak Cepat Berjalan, Berikut Cara Melatihnya yang Perlu Orang Tua Pahami

Doa Agar Anak Cepat Berjalan, Berikut Cara Melatihnya yang Perlu Orang Tua Pahami

Doa agar anak cepat berjalan perlu diketahui orang tua.

Baca Selengkapnya
Doa Tasmiyah atau Doa Pemberian Nama agar Kelak Jadi Anak yang Sholeh dan Sholeha

Doa Tasmiyah atau Doa Pemberian Nama agar Kelak Jadi Anak yang Sholeh dan Sholeha

Saat memberikan nama pada anak yang baru lahir, maka dianjurkan untuk membaca doa tasmiyah.

Baca Selengkapnya
Berhati-hatilah! Perbuatan Ini Tidak Mendapat Ampunan Allah SWT di Bulan Ramadan

Berhati-hatilah! Perbuatan Ini Tidak Mendapat Ampunan Allah SWT di Bulan Ramadan

Memohon ampun dengan setulus hati adalah suatu keharusan bagi seorang hamba kepada Tuhannya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Suami saat Istri Hamil, Lengkap dengan Amalan yang Harus Dilakukan

Bacaan Doa Suami saat Istri Hamil, Lengkap dengan Amalan yang Harus Dilakukan

Harapannya sang anak tumbuh sehat dan dihindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Selengkapnya
Ingin Cintamu Dibalas dengan Perasaan yang Sama? Inilah Bacaan Doanya agar Kelak Bisa Berjodoh

Ingin Cintamu Dibalas dengan Perasaan yang Sama? Inilah Bacaan Doanya agar Kelak Bisa Berjodoh

Insya Allah, Allah SWT akan mengabulkannya dan menjadikan orang tersebut menjadi pendamping terbaikmu kelak.

Baca Selengkapnya
Niat dan Doa Sholat Tahajud, Amalan Sepertiga Malam yang Sayang Dilewatkan

Niat dan Doa Sholat Tahajud, Amalan Sepertiga Malam yang Sayang Dilewatkan

Seperti yang kita ketahui, sholat tahajud adalah salah satu jenis sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam.

Baca Selengkapnya