Anak Tetap Butuh Tidur Siang Meski Sudah Masuk Usia Remaja

Anak tidur (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  2 Juli 2019 08:04

Usahakan buah hati selalu tidur siang meski hanya sebentar.

Reporter : Mutia Nugraheni

 

Dream - Sebagian orang besar berpikir, tidur siang hanya dibutuhkan oleh bayi dan balita. Sebenarnya, anak-anak di usia sekolah dasar (SD) hingga remaja SMA, tetap membutuhkan tidur siang.

Bahkan menurut penelitian, anak-anak di masa pertumbuhan harus tidur siang bahkan ketika berada di sekolah. Menurut studi yang diterbitkan dalam Sleep Journal, tidur siang pada anak-anak memiliki pengaruh langsung pada kebahagiaan, perilaku dan bahkan level IQ mereka.

Penelitian ini dilakukan pada 3.819 anak-anak sekolah dasar dari China Jintan Cohort Study pada 2011. Frekuensi tidur siang mingguan dan durasi rata-rata tidur dikumpulkan dari siswa di kelas 4-6.

Prestasi dan perilaku dievaluasi oleh guru. Termasuk langkah-langkah psikologi positif seperti, kontrol diri, dan kebahagiaan, anak-anak diminta menilai sendiri. Tes IQ juga dilakukan.

Hasilnya, tidur siang secara signifikan terkait dengan kebahagiaan, dan kontrol diri yang lebih tinggi, mengurangi masalah perilaku, IQ verbal yang lebih tinggi, dan prestasi akademik yang lebih baik.

Selanjutnya : Manfaat Signifikan Pada Aspek Akademik
Streaming Riwayat Penyakit Omaswati Sebelum Meninggal Dunia
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Mengintip Incaran Rumah Baru Keluarga Anang, Harganya Rp 60 Miliar!
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :