Anak Lelaki 2 Tahun Sangat Butuh Sosok Ayah, Ini Alasannya

Ayah dan anak (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  1 Maret 2019 08:10

Pada usia tersebut perilakunya jadi lebih agresif dan membutuhkan pendampingan

Reporter :

Dream - Anak-anak membutuhkan ayah yang terlibat penuh sepanjang hidup mereka. Mungkin banyak orang yang beranggapan, di usia balita anak justru lebih membutuhkan ibunya, padahal peran keduanya sama-sama penting.

Terutama bagi anak lelaki di usia 2 tahun, memasuki masa 'terrible two'. Pada usia tersebut muncul peningkatan testosteron yang membuatnya perilaku anak jadi lebih agresif dan kerap membuat 'sakit kepala' para ibu.

" Peran ayah sangat dibutuhkan dan krusial di masa-masa ini. Bermain penuh energi yang menguras fisik sangat dibutuhkan anak lelaki di usia tersebut dan orang yang paling pas untuk mendampinginya adalah ayah," ujar Paul Golding, seorang psikolog seperti dikutip dari Fatherly.

Selama periode yang genting ini, ayah diharapkan menunjukkan kepada anak laki-lakinya cara mengatasi impuls emosional mereka. Sehingga, anak kelak tidak menjadi pria yang agresif dan kasar.

Bukan berarti anak perempuan tidak membutuhkan sosok ayah di usia tersebut. Justru beberapa penelitian salah satunya yang dipublikasi dalam Journal of Infant Mental Health, mengungkap anak perempuan yang dengan dekat ayahnya risikonya mengalami masalah psikologis, penyalahgunaan obat serta perilaku agresif lebih kecil.

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan anak laki-laki lebih rentan mengalami pengabaian, pelecehan serta faktor-faktor lain yang dapat mengganggu perkembangan neurologisnya.

" Fungsi gender pria manusia yang optimal di masa dewasa dikaitkan dengan tingkat testosteron yang mendasari fungsi seksual adaptif, ikatan pasangan, peran ayah, serta motivasi kekuatan implisit dan motivasi berprestasi," tulis penulis studi Allan Schore, dari UCLA.

Memang, tidak setiap anak beruntung masih memiliki ayah. Untungnya, Golding juga menjelaskan bahwa figur lain seperti guru, kakek, om, dan orang dewasa yang peduli lainnya dapat memikul tanggung jawab 'peran' ayah.

 

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Terungkap, Ini Harga Cicilan Apartemen Nikita Mirzani
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :