Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan Lahir, Diberi Nama Diana

Ibu Dan Anak | Senin, 7 Juni 2021 10:00

Reporter : Mutia Nugraheni

Merupakan cicit kesebelas Ratu Elizabeth.

Dream - Pangeran Harry dan Meghan Markle tengah berbahagia, anak kedua mereka yang berjenis kelamin perempuan telah lahir dalam keadaan sehat. Bayi perempuan itu diberi nama Lilibet.

Kabar bahagia itu diumumkan di akun Instagram resmi Duke and Duchess of Cambridge, milik Pangeran William dan Kate Middleton. Dalam pengumuman tersebut, diunggah juga foto hitam putih Pangeran Harry dan Meghan saat hamil sambil menggendong anak pertamanya, Archie.

 Pangeran Harry dan Meghan Markle
© Instagram Duke of Cambridge

Pengumuman kehadiran cucu di Kerajaan Inggris juga diunggah di Instagram resmi Kerajaan Inggris @theroyalfamily. Dikabarkan kalau nama anak perempuan Pangeran Harry dan Meghan sama dengan nama mendiang neneknya, Diana.

 Pangeran Harry
© Instagram Royal Family

" Selama kepada The Duke and Duchess of Sussex atas kelahiran Lilibet Diana! The Queen, The Prince of Wales, The Duchess of Cornwall , The Duke dan Duchess of Cambridge sangat senang dengan berita ini. Lilibet adalah cicit ke-11 dari Ratu Elizabeth," tulis keterangan dalam foto tersebut.

Kehadiran bayi perempuan ini disambut dengan suka cita, mengingat sebelumnya Meghan mengalami keguguran. Selamat Pangeran Harry dan Meghan!

Anak Kedua Pangeran Harry dan Meghan Lahir, Diberi Nama Diana
Pangeran Harry Dan Meghan Markle/ Foto: Instagram Duke And Duchess Of Cambridge
2 dari 6 halaman

Warna Kulit Putra Harry dan Meghan Dipersoalkan Keluarga Kerajaan

Dream - Satu per satu fakta soal kehidupan Pangeran Harry dan Meghan Markle setelah menikah mulai terkuak. Hubungan keduanya sejak awal sudah jadi sorotan karena status Meghan yang seorang janda, warga negara Amerika Serikat dan keturunan Afrika-Amerika.

Sementara Pangeran Harry dianggap seorang darah biru. Pernikahan keduanya memang direstui Ratu Inggris, tapi ternyata kehidupan setelahnya tak berjalan seperti dongeng. Meghan justru kerap mendapat perlakuan rasis dan kalangan Kerajaan.

Hal yang paling menyakitkan menurut Meghan adalah saat ia hamil putra pertamanya, Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Beberapa pihak ada yang secara terang-terangan mengungkapkan pada Pangeran Harry dan dirinya soal warna kulit anak mereka.

 Meghan dan Harry
© Harpo Production/ CBS

" Pada bulan-bulan saat saya hamil, semua terjadi di waktu yang sama, ada percakapan bahwa dia (putra Markle dan Harry) tidak akan diberi keamanan dan juga tidak akan diberi gelar. Dan juga percakapan soal seberapa gelap kulitnya saat dia lahir," ungkap Meghan dalam wawancaranya eksklusifnya dengan Oprah Winfrey, 8 Maret 2021 kemarin, yang disiarkan oleh CBS News.

 

3 dari 6 halaman

Meghan Tak Mau Buka Identitas yang Rasis Pada Anaknya

Rupanya, pihak Kerajaan menekankan tentang kondisi Archie yang dianggap merupakan cucu kulit hitam pertama dalam keluarga kerajaan. Hal ini membuatnya tak perlu gelar dengan cara yang sama jika dibandingkan dengan cucu lainnya.

" Apa? siapa yang melakukan percakapan itu? denganmu?," tanya Oprah.

Meghan tak mau membuka identitas orang yang menyatakan hal tersebut. Ia hanya mengangguk menanggapi pertanyaan Oprah soal perlakuan rasis yang diterima Archie, bahkan sebelum anak itu lahir.

" Tunggu sebentar, sebentar. Ada percakapan dengan Anda? Tentang seberapa gelap bayi Anda nantinya?," tanya Oprah

" Secara potensial dan terlihat seperti itu," kata Meghan.

 

4 dari 6 halaman

Curhat Sedih Meghan Markle Keguguran Anak Keduanya

Dream - Kabar menyedihkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Pangeran Harry dan Meghan Markle rupanya kehilangan anak kedua mereka. Meghan mengungkap kalau dirinya mengalami keguguran saat mengandung anak keduanya pada Juli 2020.

Cerita tersebut diungkap Meghan Markle dalam kolom New York Times yang ditulisanya sendiri. Meghan menulis bahwa dia " merasakan kram tajam" saat mengganti popok anak pertamanya, Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

" Aku jatuh ke lantai dengan dia dalam pelukanku, menyenandungkan lagu pengantar tidur untuk membuat kami berdua tetap tenang, nada ceria sangat kontras dengan perasaanku bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Aku tahu, saat aku menggenggam anak sulungku, bahwa aku kehilangan anak kedua," tulis Meghan.

 

5 dari 6 halaman

"Apakah Aku Baik-baik Saja?"

Mantan aktris ini menggambarkan masa-masa sulit saat harus kehilangan anak keduanya. Ia pun merefleksikan momen-momen di mana dirinya dan Harry melewati kedukaan setelah mengalami keguguran.

" Aku berbaring di ranjang rumah sakit, menggandeng tangan suamiku. Aku merasakan kelembutan di telapak tangannya dan mencium buku jarinya, basah dari kedua air mata kami. Menatap dinding putih dingin, mataku berkaca-kaca. Aku mencoba membayangkan bagaimana kami akan sembuh," tulisnya.

Meghan lalu merujuk sebuah wawancara selama tur kerajaan pada akhir 2019. Saat itu bercerita kalau menahan air mata setelah seorang jurnalis bertanya " Apakah kamu baik-baik saja?"

“ Duduk di ranjang rumah sakit, menyaksikan suamiku patah hati saat dia mencoba memegang kepalaku, aku menyadari bahwa satu-satunya cara untuk mulai sembuh adalah dengan bertanya, 'Kamu baik-baik saja?'" tulis Meghan.

 

6 dari 6 halaman

Hebohkan Kerajaan Inggris

" Kehilangan anak berarti membawa kesedihan yang hampir tak tertahankan, dialami oleh banyak orang tetapi dibicarakan oleh sedikit orang," ungkap Meghan.

Saat ini Meghan dan Pangeran Harry memang sudah tak lagi jadi anggota resmi Kerajaan karena mereka memutuskan untuk melepas gelar kebangsawanan. Meninggalkan Inggris dan tinggal di Kanada dan Amerika Serikat.

Hal itu membuat Meghan tak terikat protokol kerajaan untuk mengungkap kehidupan pribadi keluarganya. Kabarnya, kolom Meghan di New York Times jadi perbincangan 'panas' 
di Kerajaan Inggris.

Join Dream.co.id