6 Trik Menjadi Ayah yang Dicintai dan Hebat di Mata Anak

Ibu Dan Anak | Rabu, 24 Juli 2019 10:06

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Menjadi seorang ayah adalah sebuah amanah.

Dream - Memiliki keturunan menjadi keinginan setiap pasangan yang sudah menikah. Menjadi orangtua bukan soal perkara melahirkan dan memiliki anak saja, menjadi orang tua adalah tugas dan amanah dari Allah SWT.

Cara mendidik anak, mulai dari bayi hingga dewasa akan menentukan bagaimana kepribadian dan masa depan anak kelak. Tidak hanya peran ibu saja yang diperlukan. Anak membutuhkan peran seorang ayah, untuk menyeimbangkan cara berpikir mereka.

Dilansir dari laman Parents, Scott Kelby dalam bukunya menuliskan, bahwa seorang pria yang menjadi ayah memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi, terlebih tentang cara mendidik anak dan cara menjadi ayah yang baik bagi anak.

Ada banyak informasi tentang kekhawatiran seorang pria sebelum memiliki anak. Dalam buku tersebut juga dijelaskan bagaimana cara mengatasi kekhawatiran tersebut.

Berikut 6 cara menjadi ayah yang hebat dari Parents, seperti yang dijabarkan Scott Kelby dalam bukunya, “ Guys Who Don’t Want Kids”

6 Trik Menjadi Ayah yang Dicintai dan Hebat di Mata Anak
Sumber: Pixabay
2 dari 7 halaman

Menjadi Suami yang Hebat Terlebih Dahulu

Cara menjadi ayah yang hebat bukan saja soal keahlian menggendong, mengganti popok atau menghentikan serdawa pada anak. Cara menjadi ayah yang hebat dimulai dari menjadi suami yang baik, bagaimana cara memperlakukan istri yang sedang hamil, dan menjadi sosok yang selalu ada untuknya.

Menjadi suami yang baik bagi istri, akan menciptakan suasana rumah tangga yang harmonis dan penuh cinta. Dengan begitu, anak yang lahir dari keluarga yang penuh cinta, akan memiliki cinta kasih yang sama.

Berusaha untuk tetap harmonis dengan pasangan akan membuat seorang suami dengan mudah menjadi ayah yang hebat untuk anaknya. Tidak hanya berhenti ketika istri sudah melahirkan. Tetap beri ruang pada ibu, dan beri perhatian khusus seperti memberi waktu luang bagi istri.

Seorang perempuan tidak hanya butuh perhatian dan kasih sayang dengan bentuk uang atau perhatian semata. Mengurus rumah tangga dan anak selama 24 jam sehari, bisa membuat istri mudah stres. Berikan waktu khusus bagi istri untuk menikmati waktunya tanpa stres.

3 dari 7 halaman

Menemani Istri dan Ikut Mengurusi Anak

Cara menjadi ayah yang hebat selanjutnya ialah mampu membantu dan menemani ibu mengurus anak. Tidak hanya soal menyuapinya sesekali, tapi juga ikut menemani istri saat menyuapi anak sesekali, bisa membuat seorang pria menjadi ayah yang hebat pada anak.

Terutama bagi pasangan yang baru saja dikaruniai seorang bayi, bangun tengah malam karena tangisan bayi yang lapar harus dihadapi bersama. Tidak hanya ibu saja yang bangun, ayah yang hebat juga akan bangun menemani sang istri menyusui bayi.

Cara menjadi ayah yang hebat bagi anak memang sulit, namun bukan tak mungkin untuk dilakukan. Seorang pria yang baru menjadi ayah mungkin akan merasa kewalahan di awal, perlahan rasa lelah itu akan hilang seiring dengan melihat tumbuh kembang anak yang baik.

4 dari 7 halaman

Perlakukan Anak dengan Adil dan Penuh Kasih Sayang

Tidak hanya anak bayi saja yang harus disayang dan diperlakukan dengan baik. Semakin besar anak, maka kebutuhannya akan kasih sayang juga semakin besar, namun mereka seakan malu untuk mengakui.

Cara menjadi ayah yang hebat bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, bisa dilakukan dengan selalu memberi perhatian kecil pada anak. Selain itu, ayah juga bisa merangkul anak dan mengajaknya berjalan bersama, mengobrol atau main bersama.

Cobalah memperlakukan anak sama seperti Anda ingin diperlakukan ketika seumurannya. 

5 dari 7 halaman

Jangan Pernah Memperlakukan Anak dengan Tidak Baik

Selain memperlakukan anak seperti Anda ingin diperlakukan saat masih kecil, cara menjadi ayah yang hebat tidak berhenti di situ saja. Seorang pria yang sudah menjadi ayah juga harus baik dalam besikap untuk memberikan contoh yang baik pada anaknya.

Seorang pria yang temperamental, kadang melampiaskan kekesalannya dengan kekerasan. Padahal perbuatan tersebut sangat tidak baik, dan akan berdampak buruk bagi kondisi mental anak.

Tidak hanya itu, banyak perbuatan kecil atau kebiasaan kecil yang akan dicontoh anak. Untuk mengatasi pesoalan seperti itu, orang tua sebenarnya bisa belajar melalui buku parenting atau mengunjungi pakar untuk berdiskusi dan memberikan saran yang baik.

6 dari 7 halaman

Memahami Apa yang Diinginkan Anak dari Ayahnya

Cara menjadi ayah yang hebat tidak hanya soal panduan parenting saja, tapi juga soal bagaimana memahami keinginan anak. Seorang ayah yang hebat harus mampu memahami apa yang diinginkan anak dari ayahnya.

Bukan saja soal materi, tapi juga soal peran ayah yang diinginkan anak. Jangan biarkan anak menganggap ayah hanya sebagai mesin uang mereka, dan hanya datang pada saat mereka membutuhkan uang saja.

Menjalin kedekatan dengan anak, akan membuat anak menganggap ayah sebagai tempat mereka bercerita tentang segala hal dan berlindung. Cara mendidik anak seperti ini, akan menghindarkan anak dari segala pengaruh buruk yang ada di lingkungan bermainnya.

Pahami anak dengan selalu mengajaknya berkomunikasi, dan bermain. Beri mereka banyak pengetahuan yang mereka butuhkan untuk menghadapi masa depan mereka.

7 dari 7 halaman

Menikmati Peran Menjadi Ayah

Cara menjadi ayah yang hebat selanjutnya ialah, dengan menikmati peran seorang ayah. Setelah melakukan segala hal yang terbaik bagi anak, perlahan Anda akan menikmatinya. Bagaimana anak datang kepada Anda dengan sendirinya, bercerita tentang segala hal yang ia lakukan.

Nikmatilah masa-masa menjadi ayah, melihat tumbuh kembang anak, menemani setiap langkah yang diambil oleh anak tanpa menuntut dan membuat anak merasa tertekan, maka dengan sendirinya Anda akan menjadi ayah yang hebat. (mut)

Semoga menjadi ayah yang hebat!

Join Dream.co.id