5 Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Anak belajar mengaji (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  27 Mei 2019 16:06

Peran orangtua sangat penting dalam menentukkan karakter anak yang mengerti nilai-nilai Islam.

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Dream - Setiap orang tua muslim pasti tahu bagaimana susahnya mendidik anak tentang ajaran-ajaran Islam. Bagaimana cara kita mengajarkan salat, membaca Aquran dan pendidikan moral yang baik sesuai dengan ajaran Islam.

Anak-anak sangat mudah terpengaruh dengan kondisi lingkungan di sekitar mereka. Terlebih, di zaman sekarang sangat sulit menunjukkan kepada anak-anak kita tentang lingkungan Islam yang ideal. Lingkungan, sekolah, media, teman, bahkan anggota keluarga sendiri, terkadang susah menampilkan bagaimana seorang muslim yang baik.

Peran orangtua sangat penting dalam menentukkan karakter anak yang mengerti nilai-nilai Islam sampai mereka dapat mengamalkannya. Memberikan contoh dan menunjukkan pilihan-pilihan terbaik kepada anak, bisa menjadi solusi bagi para orang tua.

Ada 5 cara mendidik anak menurut Islam menurut Yayasan Penny Appeal yang dilansir dari The Muslim Vibe. Apa saja itu?

Salat yang Kid-friendly
Gerakan dan bacaan salat mungkin akan sulit dipelajari oleh pemula, seperti anak-anak. Namun, ada cara mudah membantu anak dalam memahami makna salat. Ajak anak untuk menunaikan salat bersama, namun jangan pernah paksa dia dan menakuti dengan berbagai ancaman. Hal tersebut dapat membuat anak ketakutan.

Cara mudahnya adalah dengan memberikan contoh yang baik, ajak anak pelan-pelan tanpa paksaan. Apabila perlu ajarkan dan beri contoh melalui mainannya. Seperti boneka, dan mainan yang dibuat khusus untuk belajar salat bagi anak-anak.

Dengan mengajarkan salat, anak-anak akan mempelajari banyak hal. Seperti perbedaan posisi imam dan makmum, yakni soal kepemimpinan. Dan masih banyak hal lagi pelajaran yang akan diambil oleh anak, apabila orang tua memberikan penjelasan yang baik tentang makna dari salat.

Selanjutnya : Ajarkan Hadist
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jangan Percaya Hoaks, Ini Kata Ridwan Kamil Tentang Kondisi Terkini Gunung Tangkuban Perahu
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :