5 Cara Mendidik Anak di Era Digital, Yuk Cari Tahu

Ibu Dan Anak | Selasa, 30 Juni 2020 08:02

Reporter : Arini Saadah

Perkembangan teknologi dan digitalisasi sangat mustahil untuk dihindari dalam tumbuh kembang anak-anak.

Dream – Teknologi semakin maju yang dibuktikan dengan digitalisasi di segala lini, termasuk pendidikan. Perkembangan teknologi ibarat dua mata pisau bagi anak-anak.

Pembelajaran makin efektif dengan pemanfataan teknologi digital. Namun di sisi lain era digital ini juga membawa dampak buruk bagi anak-anak, seperti cyberbullying, pedofilia, pornografi, bahkan kekerasan dan kriminalitas.

Tentu saja peran orangtua dalam mengawasi anak sangat diperlukan. Orangtua setidaknya memiliki pemahaman dan ilmu yang cukup untuk mendidk anak-anak emreka di era digital seperti sekarang ini.

Lantas bagaimana cara mendidik anak di era digital? Berikut 5 cara mendidik anak di era digital untuk mengantisipasi bahaya-bahaya online yang mengancam masa depan anak.

5 Cara Mendidik Anak di Era Digital, Yuk Cari Tahu
Ilustrasi (Foto: Freepik.com)
2 dari 6 halaman

Gunakan Aplikasi Ramah Anak

Sebagai orangtua, Sahabat Dream perlu mengawasi segala tindakan anak-anak ketika menggunakan gadget untuk berselancar di dunia maya.

Saat berselancar itulah banyak konten negatif bermunculan yang memancing keingintahuan anak. Maka dari itu, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi ramah anak sebagai cara mendidik anak di era digital. Banyak pengembang perangkat lunak yang memungkinkan orangtua memasang aplikasi ramah anak melalui parental control.

Aplikasi ramah anak yang bisa kamu pilih sebagai parental control adalah Kaspersky Safe Kids dan Net Nanny. Sedangkan khusus untuk mesin pencari, terdapat aplikasi Kiddle, Kidney dan Wackysafe yang ramah anak dengan tampilan menarik.

Pasang aplikasi tersebut di ponsel pintar yang digunakan khusus untuk anak-anak. Namun kamu perlu menjelaskan kepada anak-anak terkait aplikasi tersebut. Jangan memasang aplikasi secara sembunyi-sembunyi untuk memata-matai anak agar mereka merasa privasinya dihargai oleh orang tua.

Selain itu, ada juga aplikasi ramah anak yang difungsikan untuk belajar tumbuh kembang anak. Contohnya, aplikasi Duolingo dapat digunakan untuk belajar Bahasa, Quick Maths untuk belajar berhitung, PBS Kids Video berisi animasi pembelajaran aktivitas sehari-hari.

3 dari 6 halaman

Berilah Contoh yang Baik

Cara mendidik anak di era digital adalah dengan menjadi contoh yang baik bagi anak-anak. Sebab, satu tindakan mengalahkan seribu kata-kata. Contoh nyata dari orang tua dalam penggunaan gawai bisa menjadi cara mendidik anak yang efektif di era digital.

Saat menggunakan gawai, bertindaklah yang sopan dan bijak di media sosial karena anak-anak akan meniru kebiasaan orang tua. Tetap batasi penggunaan gawai pada saat di rumah bersama anak-anak.

4 dari 6 halaman

Sediakan Zona Bebas Teknologi di Rumah

Sebagai pembelajaran di era digital, maka orangtua perlu menyediakan zona bebas teknologi atau penggunaan barang elektronik di rumah. Jadwalkan secara rinci kapan harus makan bersama, ngobrol bersama, menonton televisi, dan berselancar di dunia maya.

Cara mendidik anak di era digital, khususnya dalam pencegahan anak ketagihan smartphone sejak kecil, batasi penggunaan gawai tidak lebih dari dua jam per hari. Temani anak-anak bermain permainankoncensional yang dapat memicu kreativitas anak.

Dengan berbagai kebiasaan tersebut, dapat mendorong jalinan ikatan kuat antara orang tua dan anak.

5 dari 6 halaman

Peringatan Pentingnya Privasi dan Bahaya Online

Anak-anak sudah sangat pandai berselancar sendiri di dunia maya. Maka orangtua perlu memberi peringatan agar anak tidak sembarangan menyebarkan hal-hal yang berbau privasi di dunia online.

Beri tahu anak untuk menghindari dan menolak jika ada orang tak dikenal yang meminta foto, video, atau bahkan mengajak bertemu langsung. Karena, dunia online yang tidak digunakan secara bijak sangat rawan penipuan.

6 dari 6 halaman

Membuat Kontrak Penggunaan Smartphone

Ketika anak sudah mulai beranjak remaja, buatlah sebuah kesepakatan penggunaan smartphone. Diskusikan secara baik-baik dengan anak-anak terkait kontrak yang akan ditulis sebagai pegangan dalam penggunaan gadget.

Masukkan ketentuan, larangan, dan sanksi yang akan diterima apabila melanggar ketentuan penggunaan smartphone. Kesepakatan yang dibuat secara tertulis akan menuntun anak untuk bersikap serius. Selain itu mereka juga akan belajar tanggungjawab terhadap kesepakatan bersama.

Itulah 5 cara mendidik anak di era digital yang wajib diketahui oleh para orangtua. Perkembangan teknologi dan digitalisasi sangat mustahil untuk dihindari. Sehingga yang diperlukan adalah kiat-kiat untuk memanfaatkan teknologi secara tepat dan bijak.

Penerapan cara mendidik anak di era digital tersebut di atas dapat mendorong pengetahuan dan pengembangan potensi anak sekaligus sebagai antisipasi dari bahaya online yang semakin marak. (mut)

 

Sumber: SehatQ

Join Dream.co.id