4 Tanda Ayah Bunda Termasuk Orangtua 'Helikopter', Sering Tak Disadari

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
IBU DAN ANAK  |  30 Oktober 2020 08:03

Tak ada yang melarang orangtua terlibat dalam kehidupan anak, tapi ada perbedaan besar antara membimbing dan terlibat dengan berlebihan, bukan?

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Sudah sewajaranya jika orangtua ingin selalu melindungi dan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tak mau anaknya sedih, gagal, memiliki nilai buruk dan kecewa.

Sayangnya, banyak orangtua yang tak menyadari kalau anak perlu belajar dari pengalamannnya sendiri. Kegagalan, kesalahan, kecewa, juga merupakan proses belajar yang sangat penting bagi anak sebagai 'modal' kehidupan.

Ada istilah untuk para orangtua yang terlalu melindungi, menjaga dan mengontrol anak-anaknya. Mereka kerap kali disebut orangtua helikopter. Julukan ini sering diberikan kepada orangtua yang 'melayang' seperti helikopter di dekat anak-anaknya.

Perlindungan yang berlebih bahkan hingga anak-anak tak pernah belajar dari kesalahan dan kegagalan. Sikap orangtua ini juga dapat menghambat eksplorasinya. Tak ada yang melarang orangtua terlibat dalam kehidupan anak, tapi ada perbedaan besar antara membimbing dan terlibat dengan berlebihan, bukan?

Seringkali sikap 'helikopter' ini tak disadari para orangtua. Kenali tanda-tandanya.

 

Selanjutnya : Selalu menyelesaikan masalah anak
Diary POPA #51 bersama Rara & Jirayut | Pop Academy 2020
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Diary POPA #51 bersama Rara & Jirayut | Pop Academy 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :